Cara menangani mimisan pada anak

id mimisan,mimisan anak,perdarahan anak,berita palembang, berita sumsel

Cara menangani mimisan pada anak

Arsip Foto - Anak-anak memakai masker saat bermain di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Si Pitung, kawasan Rusunawa Marunda, Jakarta Utara. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak dari Kelompok Staf Medis Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta menyampaikan cara yang tepat untuk menangani mimisan pada anak.

Dalam siaran radio yang diikuti secara daring dari Jakarta, Senin, Dr. dr. Teny Tjitra Sari, SpA(K) mengatakan bahwa mendongakkan kepala atau memasukkan daun sirih ke hidung bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi mimisan.

"Sebenarnya dengan cara menengadahkan kepala atau memasukkan daun sirih ke hidung itu tidak ada gunanya," kata Teny, yang tergabung dalam Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Menurut dia, anak yang mimisan sebaiknya didudukkan dan darahnya dibiarkan keluar dari hidung.

Ia mengatakan bahwa biasanya mimisan akan berhenti dalam waktu kurang dari 10 menit. Kalau setelah 10 menit mimisan tidak juga mereda maka anak harus segera dibawa ke dokter supaya bisa mendapat pemeriksaan lebih lanjut.