Dokter minta Jamaah haji waspadai mimisan di tanah suci

id mimisan,berita sumsel,jamaah calon haji,udara makkah,calon jamaah haji,Tanah Suci,Arab Saudi,cuaca makkah,petugas kesehatan

Dokter minta Jamaah haji waspadai mimisan di tanah suci

mimisan. (Ist)

Makkah (ANTARA News Sumsel) - Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr Eka Jusuf Singka mengingatkan calon jamaah haji (CJH) untuk mewaspadai mimisan di Tanah Suci yang dipicu perbedaan cuaca di Arab Saudi dengan di Tanah Air.

Mimisan sendiri beberapa kali melanda sejumlah CJH ketika berada di lingkungan berudara kering seperti di Arab Saudi.

"Kami menganjurkan jamaah untuk sering minum dan memakai masker untuk menghindari mimisan, itu penting sekali," kata Eka di Madinah, Jumat.

Banyak minum dan menggunakan masker dapat menjaga kelembaban hidung. Dengan begitu, risiko terjadinya mimisan dapat dihindari.

Menurut dia, masker juga dapat menghindari CJH dari paparan debu dan penyakit menular melalui udara.

Tindakan penanganan saat mimisan, bisa dengan menekan pangkal hidung untuk menghindari keluarnya darah dari hidung yang lebih banyak.

Mimisan sendiri merupakan salah satu tantangan kesehatan bagi jamaah haji karena adanya perbedaan suhu di Saudi yang bisa mencapai 50 derajat Celcius. Sementara di Tanah Air rata-rata suhu sehari-hari sekitar 30 derajat Celcius.

Selain mimisan, Tim Kesehatan Haji Indonesia juga mulai menangani berbagai keluhan kesehatan jamaah seperti "heatstroke", gangguan pernapasan, dehidrasi dan lainnya.