NATO tampik ancaman militer Rusia terhadap aliansi tersebut

id Pakta Pertahanan Atlantik Utara,NATO,Jerman,berita palembang, berita sumsel

NATO tampik ancaman militer Rusia terhadap aliansi tersebut

Ilustrasi anggota militer. (ANTARA/Anadolu)

Berlin (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg, Minggu (4/2), mengatakan bahwa saat ini tidak ada ancaman militer dari Rusia terhadap anggota NATO, menyoroti peningkatan kemampuan pertahanan aliansi tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan lembaga penyiaran publik Jerman, ARD, Stoltenberg menepis klaim bahwa Rusia akan menyerang anggota aliansi tersebut jika memenangi perang di Ukraina.

"Saat ini kami tidak melihat adanya ancaman militer terhadap sekutu NATO dalam waktu dekat," katanya.

Dia juga mencatat bahwa NATO telah "diperkuat secara signifikan" dalam beberapa tahun terakhir dan semua negara anggota telah berinvestasi "secara signifikan" dalam pertahanan mereka sendiri.

NATO telah beradaptasi dengan kenyataan baru yang timbul dari aneksasi ilegal Krimea oleh Rusia pada tahun 2014, mengakui dan menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan, katanya.

Stoltenberg mengatakan dia mengharapkan Jerman dan semua anggota NATO untuk memodernisasi angkatan bersenjata mereka dan melengkapi mereka sesuai kebutuhan, mengingat bahwa Jerman saat ini adalah anggota dengan belanja pertahanan tertinggi setelah AS dan Inggris.