Prabowo sebut pemerintah perlu turun tangan lestarikan warisan budaya

id debat kelima,debat capres,debat capres 2024,debat pilpres 2024,pilpres 2024,debat prabowo

Prabowo sebut pemerintah perlu turun tangan lestarikan warisan budaya

Capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka, tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Debat kali ini bertemakan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, kembali menegaskan sikapnya pemerintah perlu turun tangan untuk melestarikan warisan-warisan kebudayaan dan sejarah Indonesia, termasuk di antaranya istana-istana dari kesultanan atau kerajaan masa lalu yang terancam roboh.

"Pemerintah harus berani menjaga situs-situs, membantu museum-museum, membantu istana-istana sultan kita yang banyak sudah mau roboh. Ini harus kita bantu. Ini warisan budaya, warisan sejarah kita," ujar Prabowo saat merespon tanggapan dua calon presiden, yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo saat segmen kedua debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta, Jakarta, Minggu.



Para panelis, dalam pertanyaannya, meminta pandangan para calon presiden mengenai komersialisasi budaya dan proses destruktif terhadap tumbuhnya kebudayaan yang responsif. Panelis-panelis meyakini budaya akan tumbuh berkembang dalam komunitas yang responsif, yaitu artinya tiap individu memiliki ruang kebebasan untuk berkreasi.

Terkait persoalan itu, dia menegaskan sikapnya, yaitu kebudayaan merupakan karakter dan jati diri bangsa sehingga harus dijaga dan dilestarikan.