Profesionalitas penyelenggara pemilu berperan tenangkan masyarakat

id pemilu 2024,komisi pemilihan umum ,badan pengawas pemilu ,dkpp,universitas sumatera utara

Profesionalitas penyelenggara pemilu berperan tenangkan masyarakat

Dr. Edi Yunara. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.

Medan (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Edi Yunara mengatakan profesionalitas penyelenggara pemilu 2024 menjadi salah satu faktor utama pemberi ketenangan masyarakat dalam menentukan sosok baru pemimpin bangsa.

"Masyarakat akan tenang dan merasa aman. Para peserta pemilu juga demikian karena mereka leluasa menyalurkan aspirasi kepada masyarakat tanpa terganggu potensi kecurangan," ujar Edi di Medan, Minggu.

Pria yang juga Kepala Laboratorium Fakultas Hukum USU itu mengatakan penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) harus bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut Edi, bukan cuma kepada negara dan undang-undang, penyelenggara pemilu juga bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan.

"Mereka diberikan kepercayaan untuk melaksanakan pemilu yang jujur dan adil. Oleh karena itu, semua mesti dijalankan sesuai prosedur tanpa pengaruh intrik-intrik yang terjadi," kata dia.