Kota Palembang gerakkan gotong royong bersihkan permukiman

id Pemkot Palembang, gerakkan kembali, gotong royong, bersihkan permukiman, antisipasi banjir

Kota Palembang gerakkan gotong royong bersihkan permukiman

Warga Palembang, Ahad (7/1), gotong royong membersihkan permukiman antisipasi banjir di musim hujan. (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan kembali menggerakkan warga agar aktif bergotong-royong membersihkan lingkungan kawasan permukiman guna mengantisipasi banjir pada musim hujan tahun ini.

Warga yang mulai aktif bergotong-royong di antaranya warga Kompleks YPP Sekip Ujung, Kelurahan 20 Ilir II, Kecamatan Kemuning, Palembang yang dikomandoi langsung oleh Lurah 20 Ilir II Merry Kusyanti.

Salah seorang warga, Bambang, mengatakan kegiatan gotong-royong pada setiap akhir pekan mulai diaktifkan kembali setelah ada imbauan dari Pemerintah Kota Palembang memasuki musim hujan tahun ini.

Kegiatan gotong-royong cukup bermanfaat untuk diaktifkan kembali. Selain meningkatkan semangat kebersamaan menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kawasan permukiman, mencegah banjir/genangan air hujan, juga sebagai ajang mempererat silaturahim antarwarga.

"Warga yang tidak sempat bersilaturahim dengan tetangga dan membersihkan perkarangan rumah, saluran air permukiman karena sibuk bekerja, berdagang, dan aktivitas lainnya, maka dengan kegiatan gotong-royong di akhir pekan ini semua itu bisa dilakukan," ujarnya.

Sebelumnya Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengajak warga di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan untuk menggalakkan gotong-royong membersihkan lingkungan yang telah berjalan rutin pada setiap akhir pekan dalam beberapa tahun terakhir.

"Kegiatan gotong-royong penting dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, indah serta mencegah banjir akibat sampah yang menyumbat saluran air dan anak Sungai Musi di kawasan permukiman," ujarnya.

Kegiatan gotong-royong pejabat dan pegawai pemkot bersama warga yang telah berjalan dengan baik selama ini, dirasakan berbagai pihak bermanfaat untuk membangkitkan kebersamaan dalam menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan.

Kegiatan tersebut diharapkan bisa berjalan dengan baik, sehingga tidak hanya bisa mencegah banjir, tetapi juga dapat menjadikan lingkungan kota sebagai tempat tinggal serta beraktivitas yang nyaman dan sehat.

"Gotong-royong yang digerakkan jajaran Pemkot Palembang setiap akhir pekan sifatnya memotivasi warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah," kata Pj Wali Kota Ratu Dewa.