Kajati Sumsel sebut posko pemilu di OKU Timur siap operasi dan terintegrasi

id Posko pemilu, Pemilu 2024, gangguan keamanan, Kejati Sumsel

Kajati Sumsel sebut posko pemilu di OKU Timur siap operasi dan terintegrasi

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Selatan Yulianto berkunjung ke OKU Timur, Minggu (31/12/2023). ANTARA/Edo Purmana

Martapura (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Selatan Yulianto menyebutkan bahwa Posko Pemilu 2024 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur telah siap dan terintegrasi dalam menyukseskan pemilu di wilayah itu.

Kajati Sumsel Yulianto di Martapura, ibu kota Kabupaten OKU Timur, Minggu, mengatakan bahwa sejauh ini Posko Pemilu 2024 yang ada di Kantor Kejari OKU Timur sudah sangat siap dengan baik.

Yulianto menjelaskan bahwa posko pemilu berfungsi sebagai penerima informasi sekaligus memberikan informasi terkait dengan pemilu kepada masyarakat di wilayah itu.

Masyarakat bisa datang ke posko jika menemukan pelanggaran atau kecurangan seputar pemilu guna didiskusikan bersama pihak terkait.

Menurut dia, peran kejaksaan dalam menyukseskan pemilu mulai dari gakkumdu hingga posko pemilu yang sudah disiapkan sangat berpengaruh pada proses pemilu agar berjalan kondusif.

Oleh sebab itu, dia menekankan kepada seluruh jajaran Kejari OKU Timur untuk menjaga netralitas menghadapi tantangan Pemilu 2024.

"Kedatangan saya ke OKU Timur ini untuk memastikan bahwa seluruh jajaran Kejaksaan Negeri OKU Timur menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilu 2024," tegasnya.

Kajati memandang penting peran kejaksaan untuk memeriksa potensi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terkait dengan pemilu, termasuk distribusi logistik ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Perlunya intel kejaksaan untuk memetakan potensi konflik yang mungkin terjadi di Kabupaten OKU Timur guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses pemilu berlangsung," ujarnya.