Polrestabes Palembang kerahkan Unit K-9 dukung pengamanan malam Natal

id Polisi ,Anjing pelacak ,Natal ,Tahun baru

Polrestabes Palembang kerahkan Unit K-9 dukung pengamanan malam Natal

Alat pendeteksi logam atau metal detector milik Kepolisian Resor Kota Besar Palembang didepan security door salah satu gereja di Kota Palembang. (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Polrestabes Palembang, Sumatera Selatan(Sumsel) mengerahkan unit K-9 dan metal detector guna menopang pengamanan gereja di kota itu saat perayaan Natal 2023.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono usai apel pasukan pengamanan Natal dan gereja di Mapolrestabes Palembang, Sabtu, menerangkan bahwa pengamanan dilakukan seperti pengamanan pada umumnya.

Akan tetapi untuk pengamanan Natal ini polisi juga mengerahkan unit K-9 atau anjing pelacak jenis G 19. Kemudian sebanyak 992 personel baik dari Polrestabes Palembang dan BKO Polda Sumsel dikerahkan untuk pengamanan Natal2023.

"Sebanyak 82 gereja di Kota Palembang kami kerahkan anjing pelacak yang dapat membantu dalam pengawasan," katanya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya melakukan pengaman pintu masuk atau security door dengan menyediakan alat metal detector atau X-ray yang mampu mengawasi semua barang bawaan orang yang hendak memasuki kawasan gereja.

"X-ray ini nantinya mendeteksi terutama logam jadi apabila ada yang membawa senjata tajam maka akan ketahuan melalui sensor," katanya.

Ia menambahkan selain pengamanan polisi juga melakukan sterilisasi gereja dibantu aparat Brimob Polda Sumsel terutama pada beberapa gereja utama di Kota Palembang. Ia berharap sterilisasi tersebut mampu mengamankan natal.

Ia juga berpesan kepada semua personel yang melaksanakan tugas pengamanan Natal 2023 dan tahun baru untuk menjaga kondisi kesehatan sehingga mampu melaksanakan tugas dengan maksimal dan suasana kondusif saat Natal di Kota Palembang.