Ganjar janji beri kursi menteri ke perempuan Muhammadiyah

id Ganjar Pranowo,Muhammadiyah,Abdul Mu'ti,Pilpres 2024

Ganjar janji beri kursi menteri ke perempuan Muhammadiyah

Calon Preside Ganjar Pranowo menyampaikan visi dan misinya di acara dialog terbuka bersama Muhammadiyah di Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (23/11/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/Spt. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjanjikan kursi menteri untuk perempuan dari Muhammadiyah apabila terpilih sebagai presiden Indonesia di Pilpres 2024.

Pernyataan Ganjar itu dilontarkan saat Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menanyakan komitmen Ganjar terkait afirmasi perempuan. Mu'ti penasaran apakah Ganjar akan memberikan kursi menteri ke perempuan Muhammadiyah.

"Apakah ada perempuan dari Muhammadiyah yang akan masuk kabinet Pak Ganjar dan Pak Mahfud?" tanya Muti dalam acara Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kamis.

Ganjar pun langsung mengiyakan pertanyaan tersebut sembari tertawa. Ia juga memberikan syarat agar sosok tersebut bergabung menjadi tim susksesnya.

"Oh pasti (memberi kursi menteri ke perempuan Muhammadiyah). Dengan suatu syarat, si perempuan itu menjadi tim sukses saya," kata Ganjar.

Untuk diketahui, Mu'ti juga melontarkan pertanyaannya yang sama kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rabu (22/11).

Anies hanya menjawab secara tersirat bahwa pihaknya akan menyiapkan tempat menteri untuk anggota Muhammadiyah seperti halnya yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Jokowi aja memberikan tempat apalagi kita," ucap Anies.