Adopsi siaran digital teresterial, RRI susul empat negara ASEAN

id lpp rri,radio digital,siaran digital ,dab summit 2023

Adopsi siaran digital teresterial, RRI susul empat negara ASEAN

Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo dalam forum Digital Audio Broadcasting (DAB) Dunia atau World DAB Summit 2023 di Munich, Jerman, Rabu (8/11/2023) waktu setempat. (ANTARA/HO/LPP RRI)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Publik RRI (LPP RRI) tengah menyiapkan diri untuk menjalankan siaran radio digital teresterial di Indonesia sesuai teknologi yang berkembang saat ini.

"Kita ingin segera mengadopsi teknologi digital dalam siaran radio, mengikuti langkah yang telah dilakukan negara-negara lain, termasuk negara tetangga kita seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand," kata Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo dalam forum Digital Audio Broadcasting (DAB) Dunia atau World DAB Summit 2023 di Munich, Jerman, Rabu (8/11) waktu setempat.

Hendrasmo yang menjadi salah satu pembicara dalam forum itu menyampaikan tentang perkembangan rencana penerapan teknologi siaran digital di RRI.

Selama lebih dari 8 tahun, RRI telah melakukan uji coba teknologi DAB+ di tiga lokasi yakni di Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Menurut Hendrasmo, penerapan teknologi radio digital ini sangat bergantung pada kebijakan pemerintah maupun penetapan Rancangan Undang-undang Penyiaran oleh DPR.

Penyelenggaraan siaran teknologi digital ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas siaran dan efisiensi spektrum frekuensi, yang mendukung keragaman konten.