Menkes: Hati-hati dalam berhubungan seksual untuk hindaricacar monyet

id cacar monyet,hubungan seksual,Menkes,Budi Gunadi Sadikin,berita sumsel, berita palembang

Menkes: Hati-hati dalam berhubungan seksual untuk hindaricacar monyet

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (ANTARA/HO-Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat berhubungan seksual untuk menghindari penularan cacar monyet.

"Penularannya (cacar monyet) kan mesti melalui hubungan seksual, dan ini hubungan seksualnya di kelompok tertentu. Lalu apa yang harus dilakukan? Nomor satu, protokol kesehatan (prokes) mesti baik, orang-orang tertentu itu kalau berhubungan seksual harus yang baik," kata Menkes Budi ditemui usai acara "Lokakarya Meningkatkan Kontrol Kanker pada Perempuan Indonesia" di Jakarta, Rabu.

Budi menegaskan bahwa vaksin dan obat untuk cacar monyet ini sudah ada, dan khusus untuk vaksin, sudah diberikan kepada 1.500 orang yang terindikasi tertular.

"Vaksin dan obatnya sudah ada, dan kami menyasar kelompok-kelompok tertentu untuk mendistribusikannya, karena ini merupakan isu sensitif bagi sebagian kelompok," ujar dia.

Budi juga berpesan agar masyarakat tidak memberikan stigma kepada masyarakat yang tertular cacar monyet ini, dan bagi masyarakat yang terkena gejala juga agar segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

"Kelompok-kelompok ini kan mesti dijaga keamanannya," tuturnya.