Microsoft sebut AI generatif bantu kapasitas perekonomian Indonesia

id microsoft,AI generatif,pekerjaan,TI,berita sumsel, berita palembang

Microsoft sebut AI generatif bantu kapasitas perekonomian Indonesia

Ilustrasi - Penggunaan AI Generatif (ANTARA/HO-Microsoft)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan TI Microsoft menyatakan teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif dapat mendorong potensi kapasitas produksi perekonomian Indonesia seiring dengan penggunaan yang semakin masif di berbagai lini kehidupan.

"Generasi baru AI, yakni AI Generatif, membantu kita untuk berinteraksi dengan data dalam cara-cara baru. Mulai dari merangkum teks, mendeteksi anomali, hingga mengenali gambar," kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir dalam pernyataan di Jakarta, Selasa.

Laporan "Dampak Ekonomi AI Generatif Masa Depan Pekerjaan di Indonesia" yang dikeluarkan Access Partnership, ELSAM dan Microsoft mengungkapkan penggunaan AI Generatif dapat membantu kapasitas produksi sebesar 243,5 miliar dolar AS di seluruh perekonomian Indonesia atau setara 18 persen PDB nasional di 2022.

Ia memastikan fitur antarmuka dalam AI Generatif yang berbentuk natural language memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan menggunakan bahasa sehari-hari dan mengidentifikasi pola serta menarik insights secara jauh lebih cepat melalui adanya kemampuan reasoning engine.

"Kombinasi kedua kapabilitas tersebut memungkinkan setiap orang dan organisasi untuk memiliki copilot-nya sendiri, mencetuskan kreativitas, mengakselerasi penemuan, dan meningkatkan efisiensi. Ketika dimanfaatkan secara bertanggung jawab, seluruh hal ini akan berdampak positif pada perekonomian," ujarnya.