Memompa spirit kebangsaan di kalangan anak muda

id sumpah pemuda,spirit kebangsaan,anak muda

Memompa spirit kebangsaan di kalangan anak muda

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menjadi salah satu keynote speaker dalam acara Simposium Pemuda Surabaya yang digelar oleh Cipayung Plus di Graha Sawunggaling Surabaya pada Jumat (27/10/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini adalah memudarnya semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan anak muda.

Hal itu disebabkan banyaknya pengaruh budaya asing yang banyak masuk di negara kita. Akibatnya banyak anak muda yang melupakan budaya dan nilai-nilai luhur bangsa sendiri karena menganggap bahwa budaya asing merupakan budaya yang lebih modern dibanding budaya bangsa sendiri.

Sejak zaman dahulu sampai sekarang serta di masa yang akan datang, peranan generasi muda sebagai pilar, penggerak dan pengawal untuk pembangunan nasional sangat diharapkan. Hal inilah yang menyebabkan generasi muda harus memahami penguatan tentang rasa mencintai dan bangga sebagai bangsa Indonesia dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan.

Pemahaman tentang mencintai dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini yang disebut sebagai nasionalisme.

Jika berbicara nasionalisme bagi generasi muda, nasionalisme tidak cukup hanya dengan mengenal tokoh-tokoh pahlawan dan memahami sejarah.

Sejarah keberhasilan perjuangan kaum muda terdahulu seharusnya tidak hanya membentuk perasaan romantisme kejayaan masa lalu, namun harus menjadi bahan bakar bagi kaum muda sekarang untuk terus bergerak dinamis, kreatif dan kontributif bagi bangsa khususnya di era globalisasi ini.

Menanamkan rasa nasionalisme kepada para milenial perlu terus dilakukan secara berkesinambungan. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa, agar generasi penerus tidak kehilangan jati dirinya.

Maka makna dari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober kali ini berperan penting menjadi fondasi dan pilar-pilar penting dalam mengokohkan nasionalisme di kalangan para pemuda Indonesia.

Perjuangan dan semangat para pahlawan dalam menyusun isi dari Sumpah Pemuda bukan tanpa alasan dan tujuan yang jelas. Makna dan isi dari Sumpah pemuda apabila dihayati dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat menjadikan setiap dari kita memiliki semangat kemerdekaan yang selalu bergelora dan semangat nasionalisme yang mengakar dalam jiwa.

Sumpah Pemuda mengajarkan kepada kita sebagai masyarakat Indonesia yang heterogen, serta nilai persatuan nasional. Seperti yang ditunjukkan oleh berbagai peristiwa yang melibatkan kaum muda sebelum kemerdekaan, perjuangan kaum muda untuk mencapai kemerdekaan sangatlah besar.

Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, ide, moral bahkan harta untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Tanpa ikrar pemuda dan perjuangan pemuda dan pemudi saat itu, Indonesia mungkin tidak akan mencapai persatuan untuk melawan penjajah, yang dimenangkan melalui perjuangan selama satu abad.

Arti penting Sumpah Pemuda sebagai cerminan rasa cinta pemuda dan pemudi pada bangsa Indonesia merupakan tindakan yang nyata dan tulus sebagai bentuk konkrit dari rasa cinta kepada tanah air.

Tindakan ini berperan penting dalam diri anak muda untuk lebih mencintai keragaman budaya, agama, masyarakat, dan segala perbedaan yang ada.