Disdukcapil Kabupaten OKU Timur optimalkan perekaman e-KTP di sekolah

id Perekaman e-KTP, pelajar sekolah, pemilih pemula, Pemilu 2024, Disdukcapil OKU Timur

Disdukcapil Kabupaten OKU Timur optimalkan perekaman e-KTP di sekolah

Kepala Disdukcapil OKU Timur Mursal. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mengoptimalkan perekaman data e-KTP di sekolah agar pelajar usia 17 tahun memiliki kartu identitas diri sebelum Pemilu 2024.

"Perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) menyasar  pelajar usia 17 tahun agar nantinya mereka tercatat sebagai pemilih pemula pada Pemilu 2024," kata Kepala Disdukcapil OKU Timur Mursal di Martapura, Selasa.

Dia mengatakan, pemilih pemula di Kabupaten OKU Timur pada Pemilu 2024 diperkirakan mencapai 14.607 orang yang mayoritas pelajar yang genap berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024.

Data ini didapat berdasarkan pada wajib KTP pemula tahun 2023 hingga awal 2024 yang berjumlah 14.607 orang menurut data Dapodik.

"Saat ini, sekitar 9.556 orang diantaranya telah direkam, sementara 5.051 orang lagi belum dilakukan perekaman," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, untuk mengejar target perekaman e-KTP pihaknya menggencarkan upaya jemput bola untuk merekam data pelajar di wilayah itu.

Perekaman data pelajar dilakukan secara bertahap ke sekolah-sekolah tingkat SMA sederajat di OKU Timur agar sebelum proses pemilihan nanti seluruh siswa wajib KTP sudah memiliki kartu identitas diri.

"Kami membentuk tim untuk mendatangi setiap sekolah guna perekaman data KTP pelajar," ujarnya.

Hanya saja, lanjut dia, dalam perekaman terdapat kendala seperti beberapa data yang sudah masuk usia pemula tetapi yang bersangkutan tidak berada di tempat.

"Ada juga warga OKU Timur, namun sekolah di luar daerah," ujar dia.