Chiara sumbang medali perak kejuaraan dunia bulu tangkis junior 2023

id Bulu tangkis,bulu tangkis junior,kejuaraan dunia

Chiara sumbang medali perak kejuaraan dunia bulu tangkis junior 2023

Pebulu tangkis tunggal putri perwakilan Indonesia Chiara Marvella Handoyo berdiri di podium seusai menerima Medali Perak, dalam ajang BWF World Junior Championships 2023, di Spokane, Washington, Amerika Serikat, Jumat (6/10/2023). ANTARA/HO-BWF

Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putri perwakilan Indonesia Chiara Marvella Handoyo, meraih pencapaian luar biasa dengan keberhasilannya menyumbang medali perak di kejuaraan dunia bulu tangkis junior 2023 di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat.

Bintang muda bulu tangkis Indonesia ini mengharumkan nama bangsa di kancah internasional setelah berhasil menjadi runner-up dan menyumbang medali perak dalam ajang yang berlangsung 2-8 Oktober 2023, di Spokane waktu setempat.

Atlet bulu tangkis yang lahir pada 14 Juni 2005 ini telah memberikan penampilan yang terbaik saat laga puncak melawan Pitchamon Opatniputh asal Thailand. Namun, di final, Chiara menghadapi lawan yang tangguh dan harus menerima posisi runner-up.

Di partai final, Chiara seperti tampil antiklimaks saat melawan Pitchamon Opatniputh asal Thailand. Hanya dalam 33 menit, Chiara menyerah kalah 11-21, 9-21.

Dengan kegagalan ini, Chiara pun gagal mengikuti jejak Gregoria Mariska Tunjung, sebagai pemain tunggal putri Indonesia terakhir yang menjadi juara dunia junior 2017 di Yogyakarta.

"Puji Tuhan dan tetap bersyukur bisa meraih posisi runner up. Tetapi saya juga merasa kecewa karena gagal mengibarkan bendera Merah-Putih. Saya penginnya bisa juara, tetapi dengan hasil ini, tetap harus disyukuri," kata Chiara dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin.

"Tadi kendala di lapangan, dari sisi tempo permainan, saya diatur lawan terus. Saya tidak bisa keluar dari tekanan lawan," tambah Chiara.
 

Chiara melaju ke final Kejuaraan Dunia Junior 2023 setelah menang atas Huang Lin Ran (China) dengan skor 21-17, 21-19 dalam durasi 47 menit.

Di perempat final, Chiara membuat kejutan dengan menggusur unggulan pertama sekaligus juara Kejuaraan Dunia 2022 asal Jepang, Tomoka Miyazaki dengan skor 21-14, 18-21, 22-20 dalam durasi 80 menit.