Dinkes OKU imbau warga gunakan masker cegah ISPA

id Kasus ISPA, saluran pernapasan, musim kemarau, PHBS, Dinkes OKU

Dinkes OKU imbau warga gunakan  masker cegah ISPA

Relawan peduli asap PMI OKU membagikan masker kepada pengendara, Minggu (1/10/2023). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di daerah itu untuk menggunakan masker agar terhindar dari penyebaran penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto di Baturaja, Senin, mengatakan bahwa angka penyebaran penyakit ISPA di daerah tersebut saat ini cukup tinggi, mencapai ribuan kasus.

Selama periode September 2023, pihaknya mencatat sebanyak 2.036 kasus ISPA menjangkit masyarakat di Kabupaten OKU mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia, namun tidak ada pasien yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Dia menjelaskan penyakit ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernafasan tepatnya di bagian atas seperti hidung, sinus, faring, dan laring.

Penyakit ini, kata dia, mudah menular dan bisa dialami oleh semua kalangan, khususnya para lansia dan anak-anak, apalagi saat musim kemarau karena banyak debu beterbangan yang memicu ISPA mudah menyebar luas.

Terlebih lagi, katanya, peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang marak terjadi di Kabupaten OKU selama periode tersebut membuat kasus ISPA semakin tinggi karena kualitas udara yang dihirup masyarakat menjadi tidak baik.

"Oleh sebab itu, masyarakat kami minta untuk menggunakan masker terutama saat beraktivitas di luar rumah," katanya.

Masyarakat diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai penyebaran penyakit, termasuk ISPA.

Berdasarkan data pada tahun ini, sejak Januari hingga Agustus 2023, tercatat sebanyak 12.322 kasus ISPA yang ditangani 18 puskesmas di Kabupaten OKU.

Jumlah tersebut bertambah sebanyak 2.036 orang yang terjangkit ISPA selama September 2023 dengan total kasus saat ini mencapai 14.358 kasus.