Seniman Palembang sesalkan pembangunan patung Soekarno asal jadi

id Seniman, seniman Palembang, sesalkan, pembangunan patung,Patung soekarno, asal jadi, patung

Seniman Palembang sesalkan pembangunan  patung Soekarno asal jadi

Seniman perupa di Kota Palembang Martha Astra Winata (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Seniman perupa di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Martha Astra Winata menyesalkan pembangunan patung Tokoh Proklamator Soekarno di Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, asal jadi atau tanpa kemiripan sedikitpun dengan wajah sang tokoh.

"Pembangunan patung Soekarno dengan anggaran sekitar Rp500 juta yang kini sedang berlangsung sebaiknya dihentikan, karena dikerjakan oleh orang yang bukan ahlinya," kata Martha ketika diminta tanggapannya tentang pembangunan patung yang tidak sesuai dengan foto atau dokumen aslinya di Palembang, Jumat.

Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin tetap ingin melanjutkan pembangunan patung Soekarno, menurut dia, sebaiknya memilih seniman patung yang benar-benar memiliki pengalaman di bidang seni patung.

Selain itu harus melibatkan seniman lokal di Kabupaten Banyuasin dan Sumsel yang memiliki keahlian dan pengalaman membuat patung.

Sebagai contoh, kata dia, di Kota Palembang ada beberapa seniman patung yang benar-benar telah teruji kemampuannya dan memiliki pengalaman panjang terlibat dalam pembangunan patung di berbagai daerah di Tanah Air.