Lapas Kelas II B Sekayu bina narapidana menghafal Al Quran

id Lapas, bina narapidana, bina hafidz Alquran, alquran, quran, penghafal quran

Lapas Kelas II B Sekayu bina narapidana menghafal Al Quran

Petugas Lapas Kelas II B Sekayu bersama narapidana hafidz Alquran (ANTARA/Yudi Abdullah/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sekayu, di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan melakukan pembinaan menghafal (hafidz) Al Quran kepada narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Dalam kegiatan pembinaan keagamaan bagi WBP Lapas Kelas II B Sekayu pada 2023 ini, ada lima warga binaan pada September 2023 ini berhasil mengikuti ujian terbuka hafidz Al Quran juz 30," kata Kepala Lapas Sekayu Ronald Heru Pratama di Sekayu, Muba, Senin.

Menurut dia, ujian hafidz Al Quran juz 30 tersebut bertujuan untuk menilai sejauh mana hasil dari pembinaan yang dilakukan di lapas.



“Tim penguji berasal dari Rumah Tahfidz Annur Sekayu di bawah pimpinan Ustadz Bustomi. Pembinaan keagamaan bagi warga binaan Lapas Sekayu terus dijalankan guna meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ujar Ronald.

Program tahfidz Al Quran menjadi salah satu program unggulan dalam pembinaan warga binaan di Lapas Sekayu.

Program pembinaan keagamaan itu cukup diminati narapina, sekarang ini tercatat 133 orang warga binaan pemasyarakatan yang mengikuti kegiatan pengajian di masjid lapas.

Dengan pembinaan keagamaan itu, diharapkan keimanan dan ketaqwaan WBP meningkat sehingga ketika bebas setelah menjalani masa pidana dapat berbaur dengan masyarakat dengan baik dan tidak lagi melakukan tindak kejahatan yang mengantarkannya masuk penjara, ujar Ronald Heru.



Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengapresiasi lima WBP Lapas Sekayu yang mengikuti ujian hafidz Al Quran dan diharapkan segera diikuti warga binaan lainnya yang kini mengikuti program yang sama.

Kegiatan tahfidz Al Quran di masjid lapas memberikan kesempatan kedua bagi para warga binaan untuk memperbaiki diri dan mengambil langkah-langkah positif menuju masa depan yang lebih cerah.

"Saya mengapresiasi program pembinaan keagamaan di Lapas Sekayu, sehingga ada bekal yang bisa dibawa WBP saat kembali ke masyarakat setelah bebas," ujar Kakanwil Ilham.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lapas Kelas II B Sekayu bina narapidana hafidz Al Quran