BPBD Ogan Ilir data karhutla capai 400 hektare

id BPBD Ogan Ilir bpbd, karhutla , cegah karhutla, data lahan terbakar, lahan terbakar cukup luas, karhutla capai ratusan

BPBD Ogan Ilir data karhutla  capai 400 hektare

Karhutla di samping jalan tol kawasan Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Senin (18/9/2023) (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan mendata kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah berbatasan langsung dengan Kota Palembang itu pada musim kemarau hingga September 2023 ini mencapai sekitar400 hektare.

"Kebakaran hutan dan lahan di Ogan Ilir pada musim kemarau 2023 yang dipengaruhi fenomena El Nino pada tahun ini tergolong cukup besar," kata Kalaksa BPBD Ogan Ilir (OI) Edi Rahmat di Indralaya Ogan Ilir, Senin.

Ia menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan tersebut sebagian besar terjadi di wilayah Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara, Pemulutan, dan Pemulutan Barat.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih luas di daerah rentan terjadinya karhutla, pihaknya didukung aparat TNI, Polri, Manggala Agni dan instansi terkait melakukan patroli.

Dalam kegiatan patroli, petugas gabungan melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran untuk kepentingan apapun selama musim kemarau ini.