Dokter imbau pasutri lakukan vaksinasihepatitis secara lengkap

id Hepatitis,Vaksinasi hepatitis,Kesehatan keluarga

Dokter imbau pasutri lakukan vaksinasihepatitis secara lengkap

Tangkapan layar Praktisi Kesehatan, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta dr Iman Firmansyah, dalam siniar tentang gejala dan penularan hepatitis yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (12/9/2023). (ANTARA/Youtube-Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Praktisi Kesehatan, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Iman Firmansyah mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi hepatitis secara lengkap, terutama pasangan suami istri (pasutri).
 
"Vaksinasi lengkap sebanyak tiga kali, nanti dievaluasi apakah antibodinya sudah ada atau belum," katanya dalam siniar tentang gejala dan penularan hepatitis yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.
 
Iman mengatakan vaksinasi hepatitis pada pasangan suami istri membantu menurunkan risiko penularan hepatitis yang dapat terjadi, terutama saat berhubungan seksual.
"Kalau tidak cukup (antibodinya), nanti boleh diulang setelah enam tahun untuk cek antibodi lagi, kalau kurang, harus boosting suntik sekali lagi," ujarnya.
 
Iman menekankan pentingnya vaksinasi terhadap pasutri, karena virus hepatitis dapat menular kepada bayi sejak berada dalam kandungan.
 
Jika salah satu orang tua terkena hepatitis, kata Iman, untuk mencegah penularan virus hepatitis kepada bayi, sang bayi akan diberikan zat immunoglobulin yang berfungsi sebagai zat anti-hepatitis.