Harga CPO di Sumsel naik Rp366 per kilogram

id sumsel,palembang,harga tbs,kelapa sawit,disbun sumse

Harga CPO di Sumsel naik  Rp366 per kilogram

Sejumlah truk pengangkut tandan buah segar (TBS) kelapa sawit mengantre untuk pembongkaran di salah satu pabrik minyak kelapa sawit. ANTARA/Syifa Yulinnas

Palembang (ANTARA) - Tim perumus harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan harga minyak sawit mentah (CPO) untuk pembelian periode 1-15 September 2023 naik Rp366 per kilogram dari Rp10.495 menjadi 10.861 per kilogram

Analis Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Ahli Madya Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Rudi Arpian di Palembang, Senin, mengatakan kenaikan tersebut disebabkan oleh naiknya harga CPO di pasar global yang semakin banyak permintaan.

"Kenaikan ini juga di akibatkan cuaca panas yang menyebabkan beberapa negara mengalami penurunan produksi termasuk produk kompetitor dari minyak bunga matahari dan kedelai sehingga hukum ekonomi berlaku. Dengan adanya kenaikan permintaan, tidak hanya petani plasma, akan tetapi petani swadaya juga dapat menikmati kenaikan harga ini," katanya.

Ia menjelaskan kenaikan harga CPO juga berdampak dengan harga TBS untuk tahun tanam 10-20 tahun itu naik seharga Rp2.362 per kilogram dari periode sebelumnya senilai Rp2.286 per kilogram.