Pemkab OKU bagikan ribuan bibit sayur dan buah

id Bupati OKU, Presiden Jokowi, gerakan menanam, program GSMP

Pemkab OKU bagikan ribuan bibit sayur dan buah

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan Teddy Meilwansyah mewujudkan Program Gerakan OKU menanam dalam rangka kemandirian pangan bagi masyarakat di daerah itu.

PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah di Baturaja, Rabu menerangkan bahwa Gerakan OKU menanam ini merupakan langkah konkrit Pemkab OKU dalam menjalankan perintah Presiden Jokowi untuk mewujudkan kemandirian pangan.

Selain itu, program ini juga ditujukan untuk mengendalikan inflasi, mencegah stunting serta menurunkan kemiskinan ekstrim di Kabupaten OKU.

"Program ini juga merupakan upaya nyata untuk mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang dicanangkan Gubernur Sumsel Herman Deru," kata Teddy.

Dalam program ini, pemerintah mengajak masyarakat untuk bercocok tanam tanaman sayur mayur dan buah dengan memanfaatkan media pekarangan rumah.

Pemerintah ingin merubah pola fikir masyarakat dari konsumen menjadi produsen dari hasil panen tanaman tersebut.

Sebagai bentuk dukungan, sebelumnya pihaknya menyiapkan sebanyak 7.000 kemasan paket bibit sayur dan buah dengan rincian 5.000 paket yang telah dibagikan ke masyarakat di Kabupaten OKU.

Teddy berharap kedepan gerakan OKU menanam ini bisa disebar luaskan ke seluruh masyarakat hingga pelosok desa sehingga mereka bisa mandiri dan tidak tergantung lagi pada pasar.

“Tentunya program ini sesuai cita-cita Pak Gubernur untuk mengubah pola pikir masyarakat dari konsumen menjadi penghasil. Minimal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masing-masing,” ujarnya.