Cabang menembak digelar perdana di Popnas Palembang

id Cabang olahraga, cabor, popnas, menembak, pertama kali di popnas, pertandingan, medali, popnas palembang

Cabang menembak digelar perdana di Popnas Palembang

Atlet menembak Sumsel bertanding di hari pertama Popnas Palembang Senin (28/8). (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Cabang olahraga menembak untuk pertama kalinya dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) pada edisi ke-16 yang berlangsung di Palembang, 27 Agustus-4 September 2023.

"Cabang olahraga menembak sejak awal Popnas digelar pada 1989 belum pernah dipertandingkan, baru kali ini di Popnas XVI/2023 diikutsertakan kejuaraan," kata Ketua Panitia Pelaksana Cabang Olahraga Menembak Popnas 2023 Denni Gapril di pusat tempat pertandingan olahraga Jakabaring Palembang, Senin.

Ia menjelaskan, meskipun baru pertama kali diikutsertakan dalam kejuaraan, cabang olahraga menembak cukup banyak diminati atlet pelajar.

"Dalam Popnas XVI tahun ini terdapat 232 atlet dari seluruh kontingen atau 34 provinsi yang ikut, serta memperebutkan 82 medali menembak yang terdiri dari 26 emas, 26 perak, dan 30 perunggu," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Menembak Kontingen Sumsel Jefri Audi optimistis tim asuhannya dapat meraih emas.

Dalam Popnas XVI, tim Sumsel menurunkan 18 atlet menembak pada semua kategori yakni air pistol, air riffle, serta tim campuran pistol.

Persaingan sangat kompetitif dan terdapat beberapa tim yang menurutnya menjadi pesaing kuat pada kejuaraan kali ini yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Meskipun terdapat pesaing kuat tersebut, pihaknya tetap optimistis tim tuan rumah dengan andalan di kelas air pistol individu serta campuran bisa meraih medali emas.

"Mohon doa dan dukungan masyarakat Sumsel, kami bertanding mulai hari ini Senin hingga Minggu (3/9)," ujarnya.