Menkes belum pastikan batuk dialami Presiden akibat udara kotor

id Presiden RI, udara kotor, polusi udara, polusi Jabodetabek,presiden jokowi,menkes ,budi gunadi sadikin

Menkes belum pastikan batuk dialami Presiden akibat udara kotor

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menghadiri acara Penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan 2023 di Jakarta, Selasa (15/8/2023). (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin belum memastikan batuk yang dialami Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebabkan oleh pengaruh udara kotor yang melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya.

"Presiden bilang beliau agak batuk-batuk kemarin," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin usai menghadiri acara Penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan 2023 di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Jakarta peringkat kedua udara terkotor di dunia

Namun saat ditanya apakah penyebabnya adalah kotor? Menkes Budi mengatakan dugaan tersebut belum diperiksa lebih lanjut oleh tenaga kesehatan yang berwenang.

"Itu belum diperiksa," ujar Menkes.

Menurut dia, Presiden Jokowi telah memberikan arahan kepada Kemenkes untuk mengambil bagian dalam upaya penanggulangan udara kotor di sektor hilir yakni melalui deteksi dini kesehatan paru-paru masyarakat menggunakan alat tes fungsi paru di setiap puskesmas pada daerah berpolusi tinggi.