Laga kandang-tandang, keseriusan membangun kompetisi basket nasional

id ibl,bola basket,berita sumsel, berita palembang,Indonesia Basketball League,RANS PIK Basketball, Evos Thunder Bogor, Bumi Borneo Basketball Pontianak

Laga kandang-tandang, keseriusan membangun kompetisi basket nasional

Dokumen - Pebasket Satria Muda Pertamina Richard Jackson (kiri) dan Avan Seputra (kanan) menghalangi pergerakan pebasket Bali United Abraham Wenas (tengah) dalam Game 2 Babak Playoff Indonesia Basket League (IBL) 2023 di Britama Arena, Jakarta, Sabtu (8/7/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz

Jakarta (ANTARA) - Pertandingan olahraga sejatinya bukan hanya mempertontonkan dua klub yang beradu satu sama lain di dalam laga, tapi lebih dari itu.

Olahraga bukan hanya soal pertandingan dan kompetisi, tapi juga melebar pada perihal gengsi, kebanggaan, dan fanatisme dari setiap pendukung tim olahraga tersebut. 

Kecintaan pada suatu olahraga, khususnya pada klub, sudah tak bisa terbendung di Indonesia dengan penduduknya yang saat ini mencapai 280 juta jiwa. Di Tanah Air yang paling populer tentu saja sepak bola, baik di level klub maupun pada tingkatan tim nasional.

Namun, seiring waktu berjalan, selaras dengan pertumbuhan penduduk dan ekonomi Indonesia, minat masyarakat akan olahraga kian bercabang. Beberapa cabang olahraga lain juga menjadi kian populer dan mulai banyak dimainkan oleh masyarakat umum. Klub-klub olahraga bermunculan, dan para penggemarnya pun bertumbuhan.

Salah satu cabang olahraga yang banyak memunculkan klub-klub baru adalah bola basket. Kompetisi bola basket nasional, Indonesia Basketball League (IBL), memecahkan rekor dengan kompetisi yang diikuti oleh peserta terbanyak pada musim 2022, yaitu 16 klub. Sebelumnya, kompetisi basket Tanah Air itu paling banyak menjalankan kompetisi dengan hanya 12 klub.

Empat klub tambahan meramaikan kompetisi IBL sejak 2022, yakni RANS PIK Basketball, Evos Thunder Bogor, Bumi Borneo Basketball Pontianak, dan Tangerang Hawks. Dari keempat nama pendatang baru di IBL tersebut, tiga nama merupakan klub baru, yakni RANS PIK, Evos Thunder, dan Bumi Borneo.