Kenaikan penumpang Bandara SMB II Palembang saat Idul Adha 15 persen

id sumsel,palembang,jumlah penumpang,idul adha,bandara smb ii palembang

Kenaikan penumpang Bandara SMB II Palembang saat Idul Adha 15 persen

Ruang tunggu keberangkatan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumsel. (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) memperkirakan jumlah penumpang baik datang maupun pergi naik 15 persen pada hari raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

“Pada hari normal jumlah penumpang di bandara itu mencapai 6.000 hingga 7.000 per hari, namun pada saat hari raya Idul Adha mencapai 9.000 orang penumpang per hari,” kata Executive General Manager Bandara SMB II Palembang R.Iwan Winaya saat dikonfirmasi di Palembang, Jum'at.

Ia menjelaskan pihaknya melayani sebanyak 61 pergerakan pesawat per hari selama periode libur Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Sebanyak delapan maskapai penerbangan yang melayani puluhan pergerakan pesawat selama periode libur Lebaran itu melalui Bandara SMB II Palembang.

Adapun maskapai tersebut antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Pelita Air, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, Sriwijaya Air, dan Susi Air.

“Mayoritas perjalanan rute penerbangan domestik tujuan Palembang ke kota besar di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Surabaya ataupun sebaliknya,” jelasnya.

Bandara SMB II Palembang menyiapkan ratusan personel petugas gabungan yang terdiri dari TNI AU, Polri dan segenap otoritas Bandara SMB II telah disiagakan untuk menjaga kelancaran dan keamanan penumpang selama periode libur Lebaran ini.

Pihaknya juga melalukan patroli secara rutin di setiap jadwal awal penerbangan sampai dengan selesainya penerbangan di bandara tersebut. Terkait naik turunnya penumpang, pihaknya juga monitoring secara ketat dan juga melakukan scan x-ray terhadap barang-barang kargo.

Per 14 Juli 2023, Maskapai Super Air Jet segera melayani 2 rute baru.

Sebelumnya, Bandara SMB II Palembang maskapai Super Air Jet menambah rute baru, yaitu penerbangan langsung Palembang-Bandung mulai 3 Juli 2023, lalu Palembang-Kualanamu dan Palembang - Yogyakarta mulai 14 2023.
Ia menjelaskan maskapai Super Air Jet rute Palembang-Bandung itu akan berangkat pukul 07.00 WIB dari Bandara Internasional SMB Palembang dan kembali hari yang sama dari Bandung menuju ke Palembang pada pukul 19.00 WIB.

Sedangkan, rute keberangkatan Palembang-Kualanamu diberangkatkan pada pukul 18.00 dan rute balik Kualanamu-Palembang pada pukul 06.30 WIB.

Lalu, rute Palembang-Yogyakarta diberangkatkan ditentukan pukul 09.00 dan rute balik dari Yogyakarta-Palembang dengan kode penerbangan IU-933 dijadwalkan berangkat pada pukul 15.00 WIB.
Ia berharap rute baru ini bisa mendongkrak jumlah penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara Internasional SMB II Palembang.

“Ini juga merupakan bentuk dukungan PT Angkasa Pura II dan Lion Group dalam mendukung peningkatan jumlah wisatawan di Sumsel,” ujarnya.