Kemenkumham Sumsel implementasikan transformasi digital

id Kemenkumham Sumsel, implementasi, semangat transformasi, transformasi, digital, simpeg

Kemenkumham Sumsel implementasikan transformasi digital

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya pimpin penandatanganan kesepakatan implementasi semangat transformasi digital. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan mengimplementasikan semangat transformasi digital untuk meningkatkan kinerja pegawai dan pelayanan publik di satuan kerja yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

“Salah satu langkah untuk mengimplementasikan semangat transformasi digital dengan mendukung pelaksanaan pemutakhiran data seluruh pegawai pada aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,” kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Selasa.

Menurut dia, sebagai wujud komitmen tersebut, 28 Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel melaksanakan penandatanganan komitmen bersama transformasi pemutakhiran data Simpeg.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pelaksanaan rapat evaluasi kinerja semester I tahun 2023 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Turut hadir pada kegiatan itu Kadiv Administrasi Idris, Kadiv Pemasyarakatan Bambang Haryanto, Kadiv Keimigrasian Herdaus, dan Kadivyankumham Parsaoran Simaibang.

"Hari ini telah dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama transformasi pemutakhiran data Simpeg mewujudkan kepegawaian Kemenkumham semakin 'Pasti' artinya bahwa pemutakhiran data kepada simpeg/dossier seluruh pegawai sebagai langkah untuk mewujudkan 'merit sistem' yang merupakan tanggung jawab penuh pimpinan UPT/satker," ujarnya.

Kakanwil Ilham mengingatkan seluruh pegawai untuk memahami pentingnya pemutakhiran data pada simpeg.

Sistem informasi kepegawaian dapat mempercepat layanan terkait pengangkatan, kenaikan pangkat, mutasi, rotasi, pensiun atau layanan kepegawaian lainnya.

“Data Kepegawaian yang update merupakan kunci dalam penggunaan Simpeg yang terintegrasi. Untuk itu kepada seluruh kepala satker untuk ikut serta melaksanakan pengawasan dan pembinaan mengenai pemutakhiran data," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel.*