Januari-Mei 2023, Bandara SMB II Palembang layani 1,09 juta penumpang

id sumsel,palembang,jumlah penumpang,bandara smb ii

Januari-Mei 2023, Bandara SMB II Palembang layani 1,09 juta penumpang

Penumpang yang sedang menunggu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatra Selatan ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan melayani 1.095.378 penumpang pada periode Januari hingga Mei 2023.

”Kami mencatat jumlah penumpang Bandara SMB II Palembang mencapai 1.095.378 penumpang yang merupakan penumpang di rute domestik,” kata Executive General Manager SMB II Palembang R Iwan Winaya Mahdar di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang tersebut itu dikarenakan telah berakhirnya masa pandemi COVID-19 sehingga banyak masyarakat kembali menggunakan sarana transportasi angkutan udara.

”Peningkatan jumlah penumpang di semester pertama 2023 setelah berakhirnya masa pandemi menunjukkan gairah kembali pelaku perjalanan udara, sehingga bandara SMB II Palembang pun semakin bersemangat dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi penumpang, fasilitas serta personil yang selalu siap" kata Iwan.

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan jumlah pergerakan penumpang pesawat di seluruh bandara yang dikelola AP II selama Mei 2023 mencapai 7,14 juta orang.

Pada periode yang sama, seluruh bandara AP II juga mencatat adanya 53.486 penerbangan pesawat dan volume angkutan kargo sebanyak 58,88 juta ton.

Adapun jumlah penumpang pada Mei 2023 yang mencapai 7,14 juta penumpang, mengalami peningkatan 14 persen dibandingkan pada April 2023 sebanyak 6,27 juta penumpang. Jika dibandingkan dengan Mei 2022, terjadi peningkatan lebih besar, yakni mencapai 18 persen.

”Jumlah pergerakan penumpang pesawat di seluruh bandara PT Angkasa Pura II pada Mei 2023 mencapai 7,14 juta penumpang atau yang tertinggi sejak 3 tahun lalu ketika pandemi COVID-19 mulai melanda pada 2020,” katanya.

Menurut dia, pergerakan penumpang pada Mei 2023 tersebut sudah sangat mendekati kondisi normal pada 2019 sebelum adanya pandemi COVID-19.

Adapun pada 2019 jumlah pergerakan penumpang di bandara AP II sekitar 90,77 juta penumpang, sehingga rata-rata penumpang per bulannya adalah sekitar 7,56 juta penumpang.

"Mei 2023 sejauh ini adalah bulan tersibuk bagi AP II sejak pandemi melanda pada 2020. Jumlah penumpang pada Mei 2023 tertinggi sejak adanya pandemi, dan hampir menyamai kondisi 2019 sebelum adanya pandemi," ujarnya.

Direktur Operasi AP II Wendo Asrul Rose menuturkan kesiapan aspek operasi di bandara menjadi kunci bagi perseroan sehingga dapat mencetak rekor.

Ia mengatakan seluruh personel bandara, baik di sisi udara (airside) dan sisi darat (landside) serta diperkuat prosedur operasi yang baik mampu menjaga operasional bandara dan lalu lintas penerbangan dengan lancar.

"Kecukupan dan kemampuan personel bandara AP II sangat mendukung kelancaran operasional bandara, baik di airside dan landside. Ini juga didukung dijalankannya prosedur operasi dengan baik di bandara-bandara AP II," kata Wendo.

Direktur Teknik AP II Agus Wialdi mengatakan seluruh fasilitas itu juga dapat mendukung tingginya lalu lintas penerbangan pada Mei 2023.

"Fasilitas di airside, seperti runway, taxiway dan apron di 20 bandara AP II dapat optimal mendukung penerbangan," ujar dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara SMB II Palembang layani 1,09 juta penumpang hingga Mei 2023