Butuh kocek berapa modifikasi L300 ?

id modifikasi L300,L300,berita sumsel, berita palembang,Kopdarnas Mitsubishi,The Best Interior,Sudarwanto

Butuh kocek berapa modifikasi L300 ?

Deretan kendaraan niaga L300 yang sudah dimodifikasi yang dipameran di sela Kopdarnas Mitsubishi L300 di kawasan Candi Banyunibo, Yogyakarta yang digelar pada Minggu (28/5/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA) - Modifikasi kendaraan tak melulu khusus penumpang melainkan juga yang sebenarnya diperuntukkan untuk niaga bak Mitsubishi L300 yang yang telah mengaspal di Indonesia sejak 1981 itu.

Ini seperti dilakukan Sudarwanto yang menjabat sebagai Wakil Ketua Eltitusi Gedong Songo (EGS) atau Komunitas pengguna L300 saat ditemui dalam perhelatan Kopdarnas Mitsubishi L300 di kawasan Candi Banyunibo, Yogyakarta pada Minggu (28/5). Dia mengganti warna keseluruhan bodi kendaraan dari semula hitam menjadi merah.

Warna merah ini merupakan lapisan skotlate. Pilihan skotlate yang berkualitas baik tidak akan menempel pada cat sehingga akan memudahkan pemilik bila ingin mengembalikan warna bodi pada kondisi semula.

Bodi kendaraan dia biarkan polos tanpa stiker apapun demi menonjolkan kesan netral dan elegan. Sejumlah stiker hanya dia sempatkan pada bagian kaca depan.

Selain warna, dia juga mengganti bumper bagian depan menjadi lebih ceper demi menambahkan kesan boyish pada kendaraan yang dia beli tahun 2016 itu. Kendati ceper, bumper dilengkapi sistem hidrolik agar kendaraan lebih aman terkena benturan jalan dan kerusakan.

Sistem ini berjalan secara manual. Saat menghadapi kondisi jalan berlubang, pengemudi tinggal mengangkat hidrolik agar bumper tidak membentur jalanan.

Menurut dia, sistem hidrolik pada bumper kendaraan khususnya niaga memerlukan sejumlah pertimbangan termasuk berat muatan. Ini juga menjadi salah satu alasan jarangnya para pengguna L300 seperti dirinya memodifikasi bumper menjadi lebih ceper untuk alasan lain di luar kepentingan kontes.