Survei sebut elektabilitas Sandiaga Uno tertinggi sebagai cawapres 2024

id Survei Charta Politika,Cawapres 2024,Pilpres 2024,Sandiaga Uno,berita sumsel, berita palembang

Survei sebut elektabilitas Sandiaga Uno tertinggi sebagai cawapres 2024

Menparekraf Sandiaga Uno dalam "Talkshow Literasi Digital Marketing Khususnya Tiktok" di Taman Sunan Jogokali, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (29/4/2023). (ANTARA/HO-Kemenparekraf/aa)

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menempati posisi teratas, dengan capaian 19,8 persen, dalam perolehan elektabilitas sebagai calon wakil presiden (cawapres) dibandingkan delapan nama tokoh lain.

"Nomor satu ada Sandiaga Uno di angka 19,8 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilis survei "Dinamika Elektoral Pascaisu Piala Dunia U-20 dan Deklarasi Batu Tulis", seperti dipantau melalui kanal YouTube Charta Politika Indonesia di Jakarta, Senin.

Menurut Yunarto, Sandiaga dapat menempati peringkat pertama terkait dengan elektabilitas sebagai cawapres itu karena dia memiliki investasi dukungan keterpilihan dari pengalamannya maju sebagai cawapres di Pemilu 2019 lalu saat mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Berikutnya, posisi kedua ditempati oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebagai cawapres sebesar 18,4 persen dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dengan elektabilitas 15,2 persen di posisi ketiga.