Dishub OKU Sumsel akan kawal takbir keliling

id Pawai takbir, takbiran keliling, Idul Fitri, jalan protokol, Dishub OKU,Dishub OKU siapkan takbiran keliling,siapkan pen

Dishub OKU Sumsel akan  kawal takbir keliling

Ilustrasi - Warga merayakan malam takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/Arsip)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menyiapkan pengawalan takbir keliling pada malam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan OKU Agus Salim, melalui Kasi Lalulintas Jauhari di Baturaja, Kamis mengatakan bahwa kegiatan malam pawai takbiran keliling merupakan perdana digelar setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan di wilayah itu akibat pandemi COVID-19 melanda dunia.

"Alhamdulillah tahun ini pawai takbiran keliling sudah diperbolehkan digelar secara masal," katanya.

Dinas Perhubungan OKU memfasilitasi masyarakat yang akan melakukan takbir keliling di wilayahnya berupa pemanduan dan pengawalan petugas sehingga pelaksanaannya dapat tertib, aman dan berkeselamatan.

"Kami telah menyiapkan puluhan personel untuk melakukan pengawalan agar pelaksanaan pawai takbiran berjalan aman dan lancar," tegasnya.

Sebanyak 30 personel dari Dishub OKU akan dikerahkan untuk melakukan pengawalan guna memastikan proses takbiran keliling tidak mengganggu arus lalu lintas di wilayah itu.

"Karena iring-iringan kendaraan yang melaksanakan pawai takbiran keliling diprediksi cukup banyak meskipun dibatasi yaitu untuk roda empat maksimal 50 unit dan roda dua dengan jumlah yang tidak terbatas," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya pun akan menyiagakan petugas di 12 titik persimpangan jalan protokol di pusat Kota Baturaja guna mengatur arus lalu lintas.

Seperti di simpang empat Sukajadi, persimpangan Tiga Gajah, Bakung dan Tugu Batu yang menjadi titik fokus pengaturan arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan kami juga melakukan rekayasa lalu lintas kendaraan di Jalan Akmal yang sementara waktu dialihkan melalui Jalan Darmo Sugondo menuju Jalan Sutami," ujarnya.