Hati-hati dengan nyamuk warna abu-abu kehitaman

id Malaria,Anopheles,warna abu-abu kehitaman,Dokter Spesialis Penyakit Dalam,berita sumsel, berita palembang

Hati-hati dengan nyamuk warna abu-abu kehitaman

Ilustrasi nyamuk Anopheles (ANTARA/Halodoc)

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Iman Firmansyah mengatakan masyarakat harus berhati-hati jika melihat nyamuk malaria (Anopheles) karena sebagian wilayah masih  rawan perkembangbiakan nyamuk tersebut. 
 
"Hati-hati jika melihat nyamuk Anopheles, ciri-ciri umumnya yakni warna abu-abu kehitaman, posisi badan menukik sekitar 45 derajat dengan kepala lebih rendah, dan ukurannya lebih besar," kata dr. Iman dalam diskusi mengenai cara pencegahan penularan malaria saat mudik yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.
 
dr. Iman mengatakan nyamuk Anopheles berbeda dengan nyamuk Aedes aegypti yang membawa penyakit demam berdarah dimana Nyamuk Aedes aegypti memiliki posisi kepala dan badan sejajar.
 
Dia juga mengatakan nyamuk Anopheles adalah vektor yang membawa parasit Plasmodium dan menularkannya kepada manusia ketika hinggap dan menggigit manusia tersebut.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada jika tinggal di wilayah rawan perkembangbiakan nyamuk Anopheles.
 
"Waspadai wilayah rawan perkembangbiakan nyamuk Anopheles seperti di daerah pesisir pantai, pegunungan, serta rawa-rawa," kata dokter yang praktek di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta itu.