Tim Sidak Banyuasin temukan cendol merah berbahan kurang aman bagi kesehatan

id sudak makanan, pemkab banyuasin,keamanan makanan, bahan berbahaya

Tim Sidak Banyuasin temukan cendol merah berbahan kurang aman bagi kesehatan

Pemkab Banyuasin dan sejumlah instansi melakukan inspeksi mendadak di pasar guna menjamin bahan pangan aman dari bahan berbahaya. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Pemkab Banyuasin dan sejumlah instansi melakukan inspeksi mendadak di pasar guna menjamin bahan pangan aman dari bahan berbahaya.

Tim sidak terdiri dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan bersama Balai Besar POM, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP, Polres Banyuasin dan Kejaksaan Negeri Banyuasin.

Tim gabungan ini di pimpin oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan HM Yusuf.

“Kami telah melakukan pengambilan sampel sebanyak 15 sampel bahan makanan, seperti mie, cendol, cincau, dawet, tahu dan lainnya. Hasilnya  ditemukan ada satu makanan yang mengandung bahan berbahaya yaitu cendol berwarna merah, sedangkan ada ditemukan lagi bahan yang dicurigai dan perlu dilakukan pengujian laboratorium yang lebih lanjut," kata  Asisten II, HM Yusuf.

Selain melakukan pengujian, tim juga mengambil bahan pangan mengandung bahan berbahaya tersebut dan melakukan penelusuran produsen dengan melakukan pengecekan langsung ke tempat produksinya.

Ia menyebutkan langkah ini dilakukan agar tidak terjadi berulang ulang setiap tahun.  

Selain pasar Sukajadi, sidak ini juga direncanakan dilaksanakan di pasar-pasar lain di wilayah Kabupaten Banyuasin.