Calon jamaah haji OKU mulai lakukan perekaman Visa Biometrik

id Perekaman visa biometrik, calon jemah haji, telepon pintar, tanah suci Mekkah, Kantor Kemenag OKU

Calon jamaah haji OKU mulai lakukan perekaman Visa Biometrik

Seorang CJH asal Kabupaten OKU melakukan perekaman visa biometrik di Kantor Kemenag setempat, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mulai melakukan perekaman visa biometrik sebagai salah satu persiapan untuk menjalankan ibadah haji ke tanah suci Mekkah tahun ini.

"Secara bertahap proses perekaman visa biometrik sudah dilakukan CJH asal Kabupaten OKU," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU, Abdul Muis di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan bahwa perekaman biometrik merupakan proses pencatatan secara digital yang dilakukan dengan kamera pemindai untuk merekam pendataan 10 sidik jari dan foto wajah, telapak tangan serta retina.

Untuk pelaksanaan perekaman visa biometrik tahun 2023 ini dapat dilakukan secara mandiri oleh para CJH di rumah masing-masing menggunakan Aplikasi Saudi Visa Bio melalui telepon pintar.
 

"Perekaman visa biometrik ini dapat dilakukan secara mandiri dengan aplikasi Saudi Visa Bio dan menggunakan email serta nomor handphone pribadi, namun email dan nomor handphone ini hanya dapat digunakan untuk perekaman satu data biometrik saja," katanya.

Pihaknya juga membuka pelayanan perekaman visa biometrik di Kantor Kemenag OKU untuk membantu para jamaah merekam data untuk pembuatan visa sebelum diberangkatkan ke tanah suci.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU, Muhammad Ali saat meninjau proses perekaman visa biometrik oleh CJH berharap dalam prosesnya tidak menemui kendala.

“Kalau pada pelaksanaan sebelumnya, perekaman biometrik ini dilakukan di Pusat Informasi Haji (PIH) Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel di Palembang. Namun, tahun ini kami diberikan suatu aplikasi untuk dilakukan perekaman secara mandiri dengan dibantu Kantor Kemenag kabupaten/kota,” kata Ali.

Dalam proses perekaman visa di Kantor Kemenag, para CJH diminta mempersiapkan beberapa berkas seperti paspor haji yang asli dan juga membawa KTP agar memudahkan proses perekaman biometrik.

"Semoga tidak ada kendala teknis dalam proses perekaman visa biometrik ini sehingga seluruh CJH asal Kabupaten OKU dapat merekam datanya dan tinggal menunggu proses keberangkatan ke tanah suci Mekkah," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: CJH Kabupaten OKU mulai lakukan perekaman Visa Biometrik