Gubernur Sumsel minta TP PKK OKU Timur jalankan program GSMP

id Program GSMP, Hari Kesatuan Gerak PKK, Gubernur Sumsel, kerajinan khas OKU Timur, TP PKK

Gubernur Sumsel minta TP PKK OKU Timur jalankan program GSMP

Gubernur Gubernur Herman Deru saat meninjau stan kerajinan tangan yang ditampilkan TP PKK Kabupaten OKU Timur, Rabu. (ANTARA/Diskominfo OKU Timur/23)

Martapura (ANTARA) - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru meminta kepada Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur agar menjalankan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) guna meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah itu.

"Saya mengharapkan agar TP PKK terus aktif menjalankan program kerjanya, termasuk menyosialisasikan program GSMP hingga ke pelosok desa," kata Herman Deru saat membuka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tahun 2023 di Palembang, Rabu.

Menurut dia, peran TP PKK sangat penting dalam mendukung program GSMP dengan mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk memanfaatkan perkarangan rumah sebagai media bercocok tanam sayur mayur dan buah.

Dalam program ini pemerintah ingin merubah pola fikir masyarakat di Sumsel, termasuk OKU Timur dari konsumen menjadi produsen dibidang pertanian dan peternakan.

Deru pun mengaku bangga atas kontribusi PKK dalam mendukung program pemerintah yang setiap tahun mengalami peningkatan signifikan.

Termasuk juga TP PKK melakukan peran dengan merangkul para pengerajin sehingga menghasilkan kerajinan-kerajinan khas Sumsel sampai dengan promosinya.

"Saya sangat bangga bisa hadir di tengah ibu-ibu hebat hari ini. Semoga TP PKK dapat terus memotivasi masyarakat agar berkreasi mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha," harapnya.

Sementara, Ketua TP PKK OKU Timur, Sheila Noberta mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya terus aktif dalam mendukung program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat di wilayah itu.

Selain program GSMP, kata dia, saat ini TP PKK setempat sedang mengembangkan Kain Angkinan hasil kerajinan tangan masyarakat di OKU Timur.

"Termasuk Kain Budak yang saat ini diunggulkan dan diutamakan untuk dapat segera dilakukan penelitian agar dapat menjadi hak paten," ujarnya.