Wastra dan seni Indonesia dipamerkan bazar di Bangkok

id wastra indonesia,seni indonesia,KBRI Bangkok,Thailand,berita palembang, antara palembang,Diplomatic Red Cross Bazaar,Siam Paragon

Wastra dan seni Indonesia dipamerkan bazar di Bangkok

Arsip - Seorang model memperagakan busana karya desainer Ada Nir pada pagelaran busana 'Spotlight Indonesia' di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta, Jumat (2/12/2022). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Jakarta (ANTARA) - Wastra Nusantara seperti Batik Jawa, Tenun Bali, dan Tapis Lampung dijual selama kegiatan Diplomatic Red Cross Bazaar yang diselenggarakan di Mal Siam Paragon Bangkok, Thailand, pada 25-28 Februari 2023.

Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman hadir dalam pembukaan bazar produk tahunan yang menjual produk-produk berkualitas dari banyak negara dan kerap menarik banyak kunjungan warga Thailand maupun warga asing.

“Pada acara pembukaan, Dubes Rachmat berkesempatan untuk memberikan dan menjelaskan tentang kain batik sutera aromatherapy bermotif ramok lengker buatan Madura kepada Putri Maha Chakri Sirindhorn. Anak kedua dari Raja Rama XI tersebut memang dikenal memiliki ketertarikan tinggi terhadap seni dan budaya Indonesia termasuk keindahan batik dari Indonesia,” kata KBRI Bangkok dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Tahun ini Indonesia menempati empat dari sekitar 176 total stan yang tersedia. Stan Indonesia diisi oleh sembilan pengusaha UMKM dan distributor produk yang menawarkan tenun Bali, kain dan pakaian batik, kebaya, tas, aksesoris, mi instan, teh, dan makanan ringan Indonesia.

Dekorasi stan Indonesia pada tahun ini menggunakan kombinasi kain batik Yogyakarta motif cinde serta beberapa patung dan banner destinasi wisata prioritas Indonesia yang ditata rapi di sekitar stan, agar mudah dilihat dan dinikmati oleh para pengunjung.

Pada acara panggung seni budaya, Indonesia mempersembahkan tiga penampilan yaitu Tari Sajojo dan Tari Blantek yang ditampilkan dengan apik oleh siswa-siswi dari tim kesenian Sekolah Indonesia Bangkok (SIB).

Selain itu, permainan angklung mengiringi nyanyian Indonesia Pusaka dan Rasa Sayange dari Maluku. Penampilan yang dinamis dipadukan keceriaan kostum daerah Indonesia dan semangat permainan alat musik angklung mengundang decak kagum dan riuh tepuk tangan para pengunjung.

“Panitia bazar menyampaikan bahwa penampilan dari Indonesia adalah salah satu penampilan yang selalu dinantikan oleh pada pengunjung bazar. Dubes Rachmat menyampaikan bahwa pertunjukan tarian dan musik tersebut tidak hanya menjadi bagian dari upaya promosi seni budaya Indonesia, melainkan juga untuk memperlihatkan kepada masyarakat di Thailand tentang tingginya apresiasi atas nilai-nilai seni budaya Indonesia dan upaya menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya Indonesia kepada anak Indonesia sejak usia dini,” ujar KBRI.