Palembang tingkatkan kualitas faskes milik daerah

id Pemkot Palembang, tingkatkan kualitas faskes, faskes, faskes milik daerah, pemko, rsud, rsud bari , wawako

Palembang tingkatkan kualitas faskes milik daerah

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda. (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan terus melakukan berbagai program yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan fasilitas kesehatan (faskes) milik daerah.

"Daerah ini memiliki 41 puskesmas yang tersebar di 18 wilayah kecamatan dan dua rumah sakit yakni RSUD Bari dan RSUD Gandus, faskes tersebut kualitasnya perlu terus di tingkat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga 'Kota Pempek' (sebutan Kota Palembang, red.) ini," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Jumat.

Untuk meningkatkan kualitas faskes milik daerah ini, pihaknya terus mendorong pimpinan, tenaga medis dan non-medis yang terlibat dalam pengelolaan fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas serta rumah sakit untuk meningkatkan kemampuan diri dan menambah fasilitas pendukung.

Peningkatan pelayanan kesehatan sebagai cerminan dari kemajuan pembangunan, terutama bidang kesehatan di Ibu Kota Provinsi Sumsel ini.

Dia menjelaskan,peningkatan pelayanan kesehatan mulai dilakukan dengan meningkatkan kemampuan tenaga medis, peralatan medis, dan tenaga pendukung/non-medis.

Selain itu, perlu ditingkatkan kemampuan berkomunikasi, terutama yang bertugas di bagian pendaftaran atau di unit yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, katanya, petugas di bagian pendaftaran atau di unit yang berhubungan langsung dengan masyarakat, bisa memberikan pemahaman terhadap prosedur pelayanan kesehatan yang ada di faskes atau rumah sakit.

"Terkadang ada masyarakat atau pasien yang kurang memahami prosedur pelayanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit, mereka perlu dibantu oleh petugas dengan memberikan penjelasan menggunakan bahasa yang bisa mereka pahami," ujar Fitrianti.