195 peserta calon PPK KPU Kabupaten OKU jalani tes wawancara

id Tes wawancara, calon PPK, Pemilu 2024, KPU OKU, tahapan pemilu

195 peserta calon PPK KPU Kabupaten OKU jalani tes wawancara

Ketua KPU OKU Naning Wijaya. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 195 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menjalani tes wawancara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menjelang Pemilu 2024.

"Tes wawancara yang digelar hari ini untuk menetapkan 10 besar," kata Ketua KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Naning Wijaya di Baturaja, Rabu.

Dia mengatakan peserta  yang mengikuti tahapan tes wawancara ini adalah peserta yang lolos seleksi ujian Computers Asisted Test (CAT) beberapa waktu lalu.

"Hasil test wawancara ini akan diumumkan pada 15 Desember 2022," katanya, setelah itu pada tanggal 16 Desember 2022 akan diumumkan lima orang yang mewakili kecamatan masing-masing dari 13 kecamatan se-Kabupaten OKU.

"PPK yang terpilih masing-masing lima orang setiap kecamatan dijadwalkan akan dilantik pada 4 Januari tahun 2023," jelasnya.

Dia menjelaskan anggota PPK yang dilantik nanti bertugas membantu KPU kabupaten dan kota dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap. 

"Mereka juga memiliki kewajiban  membantu KPU OKU dalam menyukseskan tahapan Pemilu 2024 mulai penyelenggaraan di tingkat kecamatan," katanya.

Naning menambahkan dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024 para anggota PPK dituntut harus melek teknologi, bahkan sejak awal pendaftaran calon peserta dihadapkan dengan sistem daring atau online.

Selain dilakukan secara online, lanjut Naning, sesuai aturan seperti biasa pihaknya memprioritaskan keterwakilan 30 persen perempuan dalam rekrutmen ini.

"Keterwakilan pelamar perempuan minimal 30 persen di setiap kecamatan," ujarnya.