Kabupaten Ogan Komering Ulu panen raya jagung di demplot seluas 1,5 hektare

id Demplot jagung, panen jagung, tanaman jagung, target nasional, Bupati OKU

Kabupaten Ogan Komering Ulu panen raya jagung di demplot seluas 1,5 hektare

Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah melakukan panen perdana tanaman jagung di Kelurahan Sekarjaya, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Teddy Meilwansyah bersama Tim Penggerak PKK dan petani di Kelurahan Sekarjaya melakukan panen raya Jagung Biota-18 di lahan pertanian demplot percontohan seluas 1,5 hektare.

Pj Bupati OKU, Teddy Meilwansyah di Baturaja, Senin, mengatakan demplot perkebunan jagung di lahan pertanian wilayah Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur, ini digagas oleh jajaran Polres OKU dalam mendukung Program Sumatera Selatan (Sumsel) Mandiri Pangan.

Dia menjelaskan perkebunan jagung yang diberi nama "Jagung New Normal" tersebut mulai dikelola bersama masyarakat sejak Agustus 2022 dengan hasil yang cukup memuaskan.

"Hasil panen perdana dari luas lahan seluas 1,5 hektare menghasilkan sebanyak 13,5 ton jagung," kata Bupati Teddy.

Selain Kelurahan Sekarjaya, kata dia, melalui Program Sumsel Mandiri Pangan belum lama ini pihaknya juga melakukan panen perdana jagung di Kecamatan Lubuk Raja dan Kecamatan Lengkiti.

Hasil panen jagung seluas 2.000 hektare dari sumbangsih PT Mitra Tanam Sejahtera yang melaksanakan di demplot Desa Way Heling, Kecamatan Lengkiti, tersebut melampaui target nasional yaitu mencapai 8,6 ton/hektare.

"Hasil panen beberapa waktu lalu sangat memuaskan sebanyak 8,6 ton/hektare atau melebihi target nasional yang ditetapkan pemerintah yaitu hanya 6,7 ton/hektare," ujarnya.

Teddy optimistis ke depan Kabupaten OKU dapat menyumbang sebesar 50 persen dari target ekspor satu juta ton jagung yang ditargetkan pemerintah pusat pada tahun ini.

"Untuk itu kami mengajak masyarakat Kabupaten OKU bersama-sama menanam jagung agar merubah mindset dari pembeli menjadi penghasil jagung sehingga Program Sumsel Mandiri Pangan dapat berjalan maksimal," ujarnya.