Unsri Palembang ajari masyarakat diversifikasi produk perikanan

id Dosen THI Unsri, unsri, dosen ajari masyarakat, diversifikasi produk, produk perikanan, olahan ikan

Unsri Palembang ajari masyarakat diversifikasi produk perikanan

Dosen THI Unsri melakukan pengabdian kepada masyarakat diversifikasi produk perikanan. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Dosen Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Pertanian (THI FP) Universitas Sriwijaya (Unsri) selama dua bulan sejak September 2022 mengajari masyarakat melakukan pengembangan atau diversifikasi olahan produk hasil perikanan.

Pelatihan diversifikasi olahan produk hasil perikanan dilakukan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Indralaya Raya, Kabupaten Ogan Ilir karena daerah ini memiliki potensi perikanan yang cukup besar, kata Ketua Pengabdian Diversifikasi Olahan Produk Hasil Perikanan Prodi THI Unsri Siti Hanggita Rachmawati, pada penutupan pelatihan tersebut, di Indralaya Raya, Selasa.

Pihaknya memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan masyarakat, terutama ibu rumah tangga dalam mengolah masakan berbahan dasar ikan.

Masyarakat yang sebagian besar membudidayakan ikan patin, ikan nila, dan ikan lele, diberikan pelatihan agar dapat mengolah ikan tersebut menjadi berbagai macam olahan produk perikanan yang diminati banyak masyarakat.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan sejak September 2022 itu dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu penyampaian materi dan demonstrasi pembuatan produk.

Berbagai macam pembuatan produk olahan ikan air tawar yang diajarkan seperti pembuatan bakso dan nuget dari ikan nila, pempek warna-warni (pelangi) dari ikan gabus, dan kaki naga dari ikan patin.

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan masyarakat di daerah ini bisa lebih terampil, inovatif, dan produktif, sehingga ke depannya mampu memproduksi sendiri berbagai olahan produk hasil perikanan serta mengembangkan usahanya.

Melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat di Kelurahan Indralaya Raya selama pelatihan berlangsung, kegiatan pengabdian ini diharapkan menjadi penggerak bagi masyarakat sekitar untuk dapat mengolah bahan baku ikan menjadi produk yang laku di pasaran sehingga dapat meningkatkan perekonomian wilayah setempat, ujar Siti Hanggita.

Sementara Ketua Program Studi THI Unsri Ace Baehaki menambahkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema desa binaan itu mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Indralaya Raya, Ogan Ilir, melalui Diversifikasi Produk Hasil Perikanan”.

"Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, ibu ibu di sini bisa lebih terampil, inovatif dan produktif, sehingga ke depannya mampu memproduksi berbagai produk serta mengembangkan usahanya," ujar Ace.

Lurah Indralaya Raya, Ogan Ilir, Afriandi Kurniawan, pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan dosen Prodi THI Unsri yang menjadikan wilayahnya sebagai lokasi kegiatan pelatihan diversifikasi olahan produk hasil perikanan.

"Diversifikasi olahan produk hasil perikanan sangat penting dilakukan untuk memberi nilai tambah pada produk perikanan sehingga nantinya akan meningkatkan nilai jual produk tersebut sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," ujar Lurah Afriandi.