Bawaslu OKU perpanjang pendaftaran calon panwaslu kecamatan

id Rekrutmen panwaslu Kecamatan, Pemilu 2024, kuota panwaslu, keterwakilan perempuan, Bawaslu OKU

Bawaslu OKU perpanjang pendaftaran calon panwaslu kecamatan

Ilustrasi Pemilu dan Pilkada 2024. ANTARA/ilustrator/Kliwon

Baturaja (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, memperpanjang masa pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan karena belum memenuhi kuota keterwakilan perempuan.

Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya di Baturaja, Rabu, mengatakan bahwa kuota pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan ini harus memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

Dijelaskan pula bahwa syarat kuota 30 persen kaum perempuan dihitung dari jumlah pendaftar di setiap kecamatan maksimal dua keterwakilan perempuan.

Sejauh ini, kata dia, dari 13 kecamatan di OKU baru Kecamatan Baturaja Barat, Baturaja Timur, dan Kecamatan KPR yang sudah memenuhi keterwakilan perempuan sebagai calon anggota panwaslu kecamatan dengan total pendaftar 153 orang. Oleh karena itu, pendaftaran diperpanjang hingga 8 Oktober 2022.

Perpanjangan pendaftaran rekrutmen calon anggota panwaslu kecamatan ini untuk kecamatan yang belum memenuhi kuota keterwakilan perempuan, yakni Kecamatan Lubuk Batang, Peninjauan, Semidang Aji, Lengkiti, dan Kecamatan Muara Jaya.

Selain itu, Kecamatan Lubuk Raja, Pengandonan, Ulu Ogan, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, dan Kecamatan Sinar Peninjauan.

"Keterwakilan 30 persen kaum perempuan dihitung sesuai dengan jumlah pendaftar di setiap kecamatan, bukan berdasarkan berapa jumlah kuota yang akan diterima," ujarnya.

Ia menyebutkan tugas dan wewenang panwaslu kecamatan, antara lain, mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan di wilayah kecamatan, termasuk penyerahan kotak suara tersegel dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) kepada KPU kabupaten/kota.

"Panwaslu kecamatan juga memberikan rekomendasi kepada yang berwenang atas temuan dan laporan mengenai tindakan yang mengandung unsur tindak pidana dalam pemilu nanti," katanya.