BRI dorong 125 UMKM di Palembang naik kelas

id BRI,BRI Palembang,UMKM,simpedes,kredit umkm,kur

BRI dorong 125 UMKM di Palembang naik kelas

CEO Regional Office BRI Palembang Wahyudi Darmawan menunjukkan aplikasi BRImo yang disosialisasikan ke masyarakat pada ajang Pesta Rakyat Simpedes 20222 di Palembang, Sumsel, Jumat (16/9/2022). ANTARA/Dolly Rosana

Palembang (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendorong 125 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Palembang, Sumsel, naik kelas usaha dengan mengikutsertakan pada pameran di ajang Pesta Rakyat Simpedes 2022 pada 16-18 September 2022.

CEO Regional Office BRI Palembang Wahyudi Darmawan mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi BRI dalam mengawal pengembangan sektor UMKM di Tanah Air.

"Ada 125 UMKM yang kami libatkan kali ini, yang rata-rata memiliki usaha di bidang kuliner, kriya, hingga fesyen," katanya yang dijumpai di lokasi Pesta Rakyat Simpedes, PTC Mal Palembang, Sumsel, Jumat.

Sebagai perbankan pelat merah, BRI yang dikenal sebagai pemimpin pembiayaan UMKM merasa memiliki tanggung jawab moral untuk membuat para pelaku UMKM naik kelas.

Melalui Pesta Rakyat Simpedes ini, BRI mendorong para nasabah yang berasal dari kalangan UMKM mampu meningkatkan pangsa pasar dan omzet.

Untuk itu, beragam upaya dilakukan BRI seperti memberikan pelatihan, pengawalan dalam program inkubasi, membangun kluster usaha, hingga pemberian modal rendah bunga melalui program kredit usaha rakyat. Bahkan, BRI juga menyalurkan pendanaan kredit ultra mikro melalui kanal PT PNM dan PT Pegadaian.

Baca juga: BRI gelar Pesta Rakyat Simpedes di Palembang gandeng 125 UMKM

Sejauh ini, dari portofolio kredit yang disalurkan, BRI memberikan porsi hingga 80 persen untuk pelaku UMKM.

Di Regional BRI Palembang saat ini terdapat 6,5 juta nasabah dari kalangan UMKM.

Sejauh ini, pihaknya sudah menyalurkan KUR sebanyak Rp5,41 triliun dari total alokasi Rp7,76 triliun.

"Terjadi pertumbuhan sekitar 13 persen (yoy) untuk pembiayaan UMKM, sementara untuk DPK tumbuh 9,9 persen untuk segmen mikro," kata dia.

Sementara itu, dalam PRS kali ini BRI mengusung tema "Pede Memimpin" yang diharapkan dapat mendorong masyarakat Indonesia, khususnya nasabah Tabungan BRI Simpedes untuk Pede berbisnis, Pede mengelola keuangan, dan Pede bekerja.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI seperti BRIMO dan QRIS BRI.

Rangkaian Pesta Rakyat Simpedes ini dimulai dengan gerakan literasi digital yang menyasar 10 pasar tradisional Kota Palembang pada tanggal 11 hingga 15 September 2022.

Sementara, acara puncak Pesta Rakyat Simpedes di Palembang pada 16 hingga 18 September 2022 di Lapangan PTC Mall Palembang.

Acara ini menampilkan hiburan artis lokal dan nasional antara lain Fiersa Besari, Nella Kharisma, Geisha, Gigi, Hutan Tropis, dan Kopral Jono.
Baca juga: BRI siap gelar Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Palembang