Kapolri dan Wakapolri serahkan 112 ekor hewan kurban

id kapolri,hewan kurban,idul adha,Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi

Kapolri dan Wakapolri serahkan 112 ekor hewan kurban

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan kepada wartawan di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Minggu (10/7/2022). (ANTARA/Putu Indah Savitri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Wakil Kepala Polri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono menyerahkan 112 hewan kurban untuk sejumlah masjid pada Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Baru saja kami melaksanakan penyerahan hewan kurban. Tentunya, ini semua kita lakukan sebagai bentuk keimanan, ketulusan, dan keikhlasan," kata Sigit dalam sambutannya di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah Listyo dan Gatot menyerahkan dua ekor sapi secara simbolis kepada Panitia Kurban Mabes Polri. Adapun 112 ekor hewan kurban tersebut terdiri atas 110 ekor sapi dan dua ekor kambing kurban.

Secara pribadi, Sigit menyerahkan hewan kurban sebanyak 32 ekor sapi kepada panitia Idul Adha Mabes Polri.

Baca juga: Presiden: Idul Adha menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya
Hewan kurban yang diserahkan oleh Kapolri dan Wakapolri akan didistribusikan oleh panitia ke sejumlah masjid terdekat, masjid di asrama polisi, pondok pesantren, dan yayasan yatim piatu di seluruh Jakarta.

"Tentunya akan didistribusikan ke masjid-masjid terdekat, kemudian masjid-masjid yang ada di asrama dan juga beberapa pondok pesantren," katanya.

Sigit memaknai kurban sebagai bentuk keimanan, ketulusan, dan keikhlasan, sebagaimana tema dan nilai-nilai pengorbanan yang diikhlaskan bisa menjadi pengabdian personel dengan mewujudkan personel Polri yang persisi.

"Semuanya kita lakukan sebagai bentuk syukur yang tentunya ini menjadi teladan terkait dengan keimanan dari Nabi Ibrahim, menjadi teladan bagi kita semua untuk kita melaksanakan peningkatan dakwah kita kepada Tuhan, sekaligus juga merupakan wujud pengorbanan dari kita tentunya kepada masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

Dia juga mengajak jajaran Polri menjadikan momen Idul Adha sebagai kesempatan untuk menanamkan nilai ikhlas dalam berkorban, terutama saat melaksanakan tugas-tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Mudah-mudahan, apa yang kita niatkan semua ini mendapatkan rida dari Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa," ujar Sigit.
Baca juga: Jokowi: Masker harus dipakai di dalam dan luar ruangan
COPYRIGHT © ANTARA 2022