Arus pemudik di Pelabuhan Tanjung Api-api ramai lancar

id pelabuhan tanjung api-api, arus mudik ke bangka, arus mudik palembang,penyeberangan laut selat bangka aman,Arus pemudik

Arus pemudik di Pelabuhan Tanjung  Api-api ramai lancar

Antrean kendaraan pemudik Pelabuhan Tanjung Api-api Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (29/4/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Arus kedatangan pemudik di Pelabuhan Tanjung Api-api (TAA) Banyuasin, Sumatera Selatan dalam kondisi ramai lancar pada H-3 Lebaran atau Jumat.

Kepala UPTD Pelabuhan Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Iwan Gunawan di Banyuasin, Jumat mengatakan, terhitung sejak H-3 ini pelabuhan diramaikan oleh kendaraan didominasi angkutan bus AKAP dan mobil pribadi pemudik.

Pihaknya mencatat jumlah kendaraan pemudik dari TAA tujuan penyeberangan Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka tersebut meningkat mencapai 30 persen.

“Rata-rata mereka pemudik dari pulau Jawa ramai, hari ini estimasi 30 persen kendaraan masuk atau sekitar 100-an, Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” kata dia, antrean kendaraan masuk pagi-siang dan malam.

Ia memastikan, untuk menunjang kelancaran penyeberangan arus mudik tersebut telah menyediakan sebanyak 13 kapal penyeberangan laut.

“Sehingga dengan jumlah kapal tersebut penyeberangan laut dapat terjamin dan aman, mudah-mudahan kondisi cuaca tetap bersahabat,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan di Jalan Tanjung Api-api Palembang pada Jumat malam, tampak rombongan kendaraan pemudik dari berbagai daerah mulai melintas menuju pelabuhan.

Para pemudik tersebut diperikarakan tiba di Pelabuhan dengan menempuh perjalanan selama satu jam dengan kecepatan rata-rata 70 kilometer/jam.

Dalam perjalanan itu para pemudik diimbau untuk tetap berhati-hati sebab mereka akan melintasi sebanyak tiga jembatan di kawasan gudang pertokoan dan hamparan perkebunan kelapa yang cenderung minim penerangan dan beberapa ruas jalan berlubang cukup besar.

Kepala Polres Banyuasin Imam Syafi’I mengatakan, sebanyak 114 personel aparat kepolisian terlah diterjunkan menempati pos-pos arus mudik lebaran termasuk di pelabuhan Tanjung Api-api dan sekitarnya.

“Berikut personel aparat gabungan dari Dinas Perhubungan, Satpol PP/TNI turut serta mengintensifkan keamanan dan kelancaran perjalanan mudik di ruas jalan tersebut,” tandasnya.