Omset UMKM Palembang di Tokopedia meningkat tiga kali lipat

id Umkm,marketplace,tokopedia

Omset UMKM Palembang di Tokopedia meningkat tiga kali lipat

Aplikasi Tokopedia. (ANTARA/HO)

Palembang (ANTARA) - Omset sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di marketplace Tokopedia meningkat tiga kali lipat pada 2021.

Salah satunya, Pempek Cek Dung yang meraup omzet puluhan juta setelah berjualan secara online melalui Tokopedia.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Trian Nugroho, Sabtu, mengatakan, ketertarikan masyarakat khususnya UMKM lokal untuk bergabung dalam platform Tokopedia kini semakin meningkat.

“Palembang, Denpasar dan Makassar menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020,” kata dia.

Demi memaksimalkan respons positif ini, Tokopedia juga memberikan pelatihan ke para penjual untuk lebih memaksimalkan potensi yang dimiliki dalam bersaing di bisnis online.

Di Palembang, kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi sepanjang 2021 adalah produk ibu dan anak, rumah tangga, kesehatan dan perawatan diri, serta fesyen.

Bahkan, Tokopedia mencatat terjadi lonjakan lebih dari tiga kali lipat pada transaksi rata-rata UMKM Palembang.

Ini berkat sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual sehingga semua pihak mempunyai kesempatan yang sama untuk bertumbuh. 

Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal yakni Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya. 

Melalui Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang memanfaatkan teknologi geo-tagging, misalnya, masyarakat bisa memperoleh beragam produk UMKM lokal, mulai dari kebutuhan rumah tangga, fesyen, kecantikan, makanan dan minuman dan masih banyak lainnya, dari daerah setempat. 

“Ke depannya, kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri,” ujar dia.