Dinas Pendidikan OKU gencarkan program Kejar

id Program Kejar, satu siswa satu rekening tabungan, pelajar di OKU, Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan OKU gencarkan program Kejar

Kepala Dinas Pendidikan OKU, Teddy Meilwansyah. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggencarkan Program Satu Rekening Satu Pelajar atau Kejar untuk siswa/siswi mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA di wilayah itu.

Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU), Teddy Meilwansyah didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan SPNF, Ahmad Azhar di Baturaja, Jumat, menjelaskan Kejar merupakan salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) untuk meningkatkan layanan produk dan jasa keuangan daerah di bidang pendidikan.

Dalam program itu pihaknya menggandeng Bank Sumsel Babel Baturaja dalam membuka rekening tabungan untuk setiap siswa di wilayah itu.

Saat ini program tersebut telah menyasar pada 10.213 siswa mulai dari jenjang PAUD hingga SMA yang tersebar di dua kecamatan di wilayah itu.

"Di tahun 2021 program ini telah dilaksanakan di dua kecamatan yaitu Baturaja Timur dan Baturaja Barat. Untuk sekolah di kecamatan lainnya dilakukan secara bertahap tahun ini," ujarnya.

Dia menjelaskan program Kejar merupakan salah satu strategi pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar guna membantu membentuk karakter anak Indonesia yang membudayakan menabung sejak dini.

Dengan menyisihkan uang jajan untuk menabung, maka anak-anak akan belajar salah satu konsep dasar pengelolaan keuangan yang bermanfaat jika dibudayakan hingga mereka dewasa.

Melalui program Kejar diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan khususnya di kalangan pelajar sehingga mereka dapat menanamkan budaya menabung sejak dini yang manfaatnya dapat dirasakan di kemudian hari.

"Karena menabung sejak dini adalah hal yang perlu ditanamkan dalam diri seseorang terutama anak-anak guna menghindari prilaku hidup boros," ujar dia.*