Kabupaten OKU optimistis vaksinasi pelajar tuntas akhir November

id Vaksinasi pelajar, program vaksinasi, Ogan Komering Ulu, target sasaran, keroyok vaksin

Kabupaten OKU optimistis vaksinasi pelajar tuntas akhir November

Seorang pelajar SMP di Kabupaten OKU mengikuti program keroyok vaksin, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, optimistis dapat menuntaskan vaksinasi pelajar di wilayah itu hingga mencapai 100 persen pada akhir November 2021.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Jumat, mengatakan, berdasarkan data per 26 November 2021, cakupan program vaksinasi pelajar di wilayahnya sudah mencapai 96 persen dari target sasaran.

Dari 34.926 jumlah pelajar usia 12-17 tahun di Kabupaten OKU yang menjadi target sasaran vaksinasi, tercatat sebanyak 33.493 di antaranya sudah mendapat vaksin lengkap tahap satu dan dua.

"Dengan capaian tersebut dan melihat antusias masyarakat OKU untuk divaksin cukup tinggi diyakini akhir November 2021 seluruh pelajar di OKU sudah tervaksin," tegasnya.

Menurut dia, percepatan vaksinasi pelajar itu terus dilakukan untuk mencapai kekebalan kelompok bagi peserta didik guna mendukung proses belajar tatap muka di sekolah agar aman dari penyebaran COVID-19.

Untuk mencapai target tersebut, kata dia, pihaknya melibatkan lintas sektor seperti TNI dan Polri melalui program keroyok vaksin hingga ke pelosok desa.

Selain itu, pihaknya juga dibantu Dinas Pendidikan Kabupaten OKU untuk mengerahkan peserta didiknya untuk mengikuti program vaksinasi massal yang digelar di lingkungan sekolah masing-masing.

"Yang tidak kalah penting diharapkan juga dukungan dari orang tua siswa untuk mengajak anaknya ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat sehingga program ini dapat berjalan maksimal," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022