Kota Palembang maksimalkan vaksinasi pelajar

id vaksinasi pelajar palembang,maksimalkan vaksinasi pelajar palembang

Kota Palembang maksimalkan vaksinasi pelajar

Pelayanan vaksinasi massal untuk pelajar di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan berupaya mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dengan memaksimalkan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar di 18 kecamatan dalam kota setempat.

Kabid Kesmas Dinkes Palembang Mirza Susanty di Palembang, Selasa mengatakan berdasarkan data vaksinasi dosis pertama bagi pelajar/remaja di kota itu mencapai111.596 orang dari total sasaran 151.788.

Sedangkan vaksinasi COVID-19 dosis kedua mencapai 41 persen atau sekitar 64.489 anak usia 12-18 tahun.

Melihat capaian vaksinasi tersebut, pihaknya optimistis hingga akhir 2021 ini pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar dan remaja itu bisa tuntas 100 persen.

Sedangkan realisasi vaksinasi COVID-19 secara keseluruhan untuk anak-anak usia 12-18 tahun hingga lansia bisa mencapai 75 persen lebih dari target mininal terciptanya kekebalan komunal (herd immunity) 1,2 juta jiwa, kata Mirza.

Sementara sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini mengatakan pihaknya mendukung pemaksimalan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

Untuk melakukan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar, pihaknya bersama Dinkes di 17 kabupaten dan kota di Sumsel menyiapkan 3.300 vaksinator.

Pelayanan vaksinasi bagi pelajar itu dilakukan dengan cara kegiatan massal di sekolah dan 459 fasilitas kesehatan (faskes) yang tersebar di seluruh provinsi setempat.

Selain itu, dilakukan di sentra vaksinasi berbagai komunitas dan organisasi yang mendapatkan kuota vaksin COVID-19.

Kegiatan vaksinasi bagi pelajar diharapkan bisa berjalan dengan baik sehingga tercipta kekebalan kelompok dan PTM di sekolah tidak menjadi klaster baru penularan COVID-19, ujar Kadinkes Sumsel.