Palembang targetkan vaksinasi pelajar dan remaja tuntas akhir 2021

id sekolah,pembelajaran tatap muka,ptm,kota palembang,palembang,vaksin,vaksin remaja

Palembang targetkan vaksinasi pelajar dan remaja tuntas akhir 2021

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda. (ANTARA/HO-Pemkot Palembang/21)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menargetkan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar dapat dituntaskan pada akhir tahun 2021 demi memastikan keamanan proses pembelajaran tatap muka.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Minggu, mengatakan saat ini pemkot merencanakan mulai Senin (6/9) PTM digelar di 121 sekolah dari sekolah dasar (SD) dan SMP negeri dan swasta.

Untuk itu, pemkot akan menggelar vaksinasi secara massal di sejumlah sekolah sesuai jadwal yang diatur Dinkes Palembang, yakni mulai dari siswa kelas 6 SD hingga kelas 3 SMP. Termasuk mengupayakan sebanyak 17 ribu guru harus divaksinasi COVID-19.

Kegiatan vaksinasi perdana direncanakan di SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 10 Palembang pada 6 September 2021.

Selain program vaksinasi COVID-19 bagi siswa, Pemkot Palembang turut menyiapkan kurikulum khusus untuk pelaksanaan PTM.

Sejauh ini Dinas Kesehatan Kota Palembang mendata bahwa terdapat 192 ribu anak kelas 6 SD hingga remaja yang belum divaksinasi COVID-19.

Pemkot menggencarkan program vaksinasi ini namun kegiatan ini sangat bergantung dengan pasokan vaksin dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan pelaksanaan PTM tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan pemberian vaksinasi COVID-19.

“Namun persyaratan vaksinasi belum bisa diwajibkan karena stok vaksin yang terbatas. Apalagi, saat ini tidak ada aturan yang mengharuskan anak-anak harus divaksin,” kata dia.