"E-commerce" dan tekfin jadi segmen "startup" paling menjanjikan

id startup,e-commerce,tekfin

"E-commerce" dan tekfin jadi  segmen "startup" paling menjanjikan

Ilustrasi (Pexel)

Jakarta (ANTARA) - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, e-commerce dan teknologi finansial (tekfin) merupakan segmen perusahaan rintisan atau startup paling menjanjikan saat ini. 

Dia menjelaskan bahwa e-commerce telah berkontribusi sebesar 75 persen terhadap ekonomi digital, terutama selama pandemi COVID-19 yang menyebabkan perubahan pola konsumsi masyarakat.

"Karena orang sekarang lebih banyak memilih berbelanja online dibanding sebelum pandemi," kata Nailul Huda kepada ANTARA, Selasa.

Sedangkan untuk tekfin, Nailul menilai bahwa sektor tersebut berpotensi untuk terus berkembang meskipun belakangan banyak kasus mengenai tekfin ilegal yang meresahkan masyarakat.

Beberapa contoh startup di sektor tekfin yang akan terus berkembang, menurut Nailul, adalah bank digital, equity crowdfunding, innovative credit scoring, hingga robo advisor.

"Saya rasa itu bagian dari tekfin yang akan terus berkembang ke depannya. Kalau bicara mengenai tekfin payment, lending, itu mungkin sudah mature. Payment dengan pemain seperti Gopay, Ovo, DANA, kemudian lending ada Kredivo, Akseleran, dan sebagainya," ujar Nailul.

Saat ini Indonesia memiliki 2.229 startup, kelima terbesar di dunia sehingga ekonomi digital di Indonesia sangat menjanjikan.

Presiden Joko Widodo pada Senin, (25/10) mengatakan bahwa ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan mencapai 124 miliar dolar AS atau setara Rp1,75 kuadriliun, setara 40 persen total nilai ekonomi digital Asia Tenggara pada 2025.

Namun, Nailul mengatakan, startup digital di Indonesia saat ini masih menghadapi tantangan yakni rendahnya literasi digital dan ketimpangan digital yang mencakup infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan penggunaan teknologi.

"Untuk infrastruktur sudah mulai lebih baik dengan adanya Palapa Ring. Dari SDM masih ada gap talenta untuk data programming dan data analisa. Kalau dari segi penggunaan, masih banyak saudara kita di luar sana yang punya internet tapi dia tidak tahu bagaimana menggunakannya," tuturnya.

Sehingga, kata Nailul, pemerintah harus segera mengurangi kesenjangan digital dan melakukan peningkatan literasi digital masyarakat melalui sosialisasi dan integrasi ICT dalam kurikulum pendidikan.